Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Melihat Tren Perilaku Belanja Online Jelang Bulan Ramadan, Mana E-Commerce Pilihan Pengguna?

Riset yang dilakukan Snapcart ini melibatkan 4 pemain e-commerce dengan konsumen terbanyak, yaitu Shopee, Tokopedia, Lazada dan TikTok Shop.

Penulis: Matheus Elmerio Manalu
Editor: Anniza Kemala
zoom-in Melihat Tren Perilaku Belanja Online Jelang Bulan Ramadan, Mana E-Commerce Pilihan Pengguna?
Shutterstock
Dengan banyaknya kebutuhan yang perlu dipenuhi saat menyambut Ramadan hingga persiapan lebaran nanti, terdapat juga peningkatan dalam perilaku belanja online masyarakat.  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bulan Ramadan 2023 tinggal menghitung hari. Seperti biasa, antusiasme masyarakat Indonesia untuk mempersiapkan segala sesuatu jelang bulan Puasa cukup tinggi. 

Hal ini ternyata juga berdampak pada meningkatnya aktivitas belanja online. Dalam dua tahun terakhir, tren belanja online memang terus berkembang. Dengan banyaknya kebutuhan yang perlu dipenuhi saat menyambut Ramadan hingga persiapan lebaran nanti, terdapat juga peningkatan dalam perilaku belanja online masyarakat. 

Karenanya, tak heran kalau para pemain e-Commerce pun makin gencar berbenah untuk mempersiapkan program-program Ramadan yang menarik dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan.

Hal ini terbukti dari hasil riset konsumen “Tren Perilaku Belanja Online Sambut Ramadhan 2023” selama 3 bulan terakhir yang dilakukan oleh Snapcart. Riset ini dilakukan dengan metode online yang diikuti oleh 1000 responden dari usia 20-35 tahun yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Direktur Snapcart Indonesia Astrid Wiliandry menyampaikan bahwa survei ini diharapkan mampu memperlihatkan perkembangan peta persaingan e-Commerce yang makin menarik jelang Ramadan 2023. 

“Dalam dua tahun terakhir, tren belanja online juga terus berkembang, mulai dari faktor yang dicari saat berbelanja online, pilihan promo yang dimanfaatkan hingga berbagai cara baru atau fitur yang muncul untuk melengkapi pengalaman berbelanja. Melihat hal tersebut, terutama dengan kondisi yang berbeda, tentunya terdapat pengaruh terhadap perilaku belanja masyarakat dalam memenuhi kebutuhan Ramadan hingga persiapan lebaran nanti,” jelas Astrid.  

e-Commerce mana yang jadi favorit pengguna?

BERITA TERKAIT

Tren Perilaku Belanja Online jelang Ramadan 2023 (ISTIMEWA)

Riset yang dilakukan Snapcart ini melibatkan 4 pemain e-commerce yang memiliki konsumen terbanyak, yaitu Shopee, Tokopedia, Lazada dan TikTok Shop. 

Pada survei tersebut, terdapat 4 indikator utama yang dapat menggambarkan persebaran preferensi konsumen dalam memilih platform e-commerce untuk berbelanja online pada 3 bulan terakhir.

Berdasarkan hasil survei, Shopee menduduki peringkat pertama dengan 4 indikator utama. Berikut keempat indikator tersebut:

1) Berdasarkan indikator Brand Used Most Often (BUMO) atau merek yang paling sering digunakan, sebanyak 61 persen responden memilih Shopee, diikuti Tokopedia (22%), TikTok Shop (9%) dan Lazada (7%). 

2) Sementara untuk indikator merek yang paling pertama diingat atau Top of Mind, Shopee juga berada di puncak dengan persentase 70%, disusul oleh Tokopedia (22%), Lazada (5%) dan TikTok Shop (2%).

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas