Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Subhan Aksa Masuk Lima Besar Reli Jerman

Hasil positif diraih pereli Subhan Aksa pada kejuaraan dunia FIA 2013 World Rally Championship (WRC) ADAC Rallye Deutschland

Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Sanusi
zoom-in Subhan Aksa Masuk Lima Besar Reli Jerman
Pertamina Fastron
Subhan Aksa 

TRIBUNNEWS.COM, TRIER - Hasil positif diraih pereli Indonesia Subhan Aksa pada hari pembuka putaran 9 kejuaraan dunia FIA 2013 World Rally Championship (WRC) ADAC Rallye Deutschland di Cologne, Jerman, Kamis (22/8).

Dalam dua special stage (SS) awal, Subhan berhasil finis di urutan 6 dan 5 masing di kelas WRC2 dan untuk sementara menempati peringkat lima di kelas tersebut.

Pada SS1 Blankenheim (23,54 km), pasangan Ubang/Nicola Arena mencapai finish urutan 25 dari total 76 kontestan Rally Jerman. Di kelas WRC2 yang diikuti 13 starter, ia urutan 6 dengan selisih waktu 51,6 detik dari Robert Kubica yang menjadi tercepat di grup ini.

Performa pereli andalan Bosowa Fastron Rally Team (BFRT) itu kemudian meningkat di SS2 Sauertal (12,11 km) yang berlangsung malam hari.

Subhan mempertahankan finis di posisi keenam kembali sekaligus menempatkan dirinya di posisi kelima keseluruhan pada hasil sementara WRC2 dalam dua SS awal dengan difisit waktu 1 menit 23,9 detik dari Kubica dan 44,1 detik dari peringkat ke-4.

Hasil sementara ini cukup mengejutkan mengingat seluruh lomba berlangsung di lintasan aspal yang sesungguhnya kurang afdol buat Ubang. Ia lebih familiar dan menyukai trek gravel. Selain itu, ini kali pertama ia menggeber mobil berkategori R5 yang baru mendapatkan homologasinya pada Juli lalu.

Rintangan sama berlangsung di SS2. Di beberapa lokasi bahkan lebih licin karena pasir yang berserakan di tengah jalur. Itu sempat membuat mobil Ubang terpeleset ke luar trek dan untungnya masih bisa dikontrol. Pada saat sama kepercayaan dirinya mulai terbangun sehingga mampu berada di kelompok lima besar untuk sementara.

BERITA TERKAIT

Hasil yang terbilang mengejutkan buat seorang pereli Indonesia di tengah dominasi pereli Eropa. Empat finisher di atas Ubang adalah nama-nama beken reli internasional dan para pereli unggulan WRC2 seperti Robert Kubica (Polandia/Citroen DS3 RRC), Elfyn Evans (Wales/Ford Fiesta R5), Sepp Wiegand (Jerman/Skoda Fabia 2000), dan Armin Kremer (Jerman/Ford Fiesta RRC).

Kubica adalah mantan pembalap Formula 1 yang beralih ke ajang reli dunia, Evans juara dunia WRC Junior 2012, sedangkan Wiegand dan Kremer adalah para juara nasional Jerman yang tentunya lebih menguasai medan. Jumat (23/8) ini akan dilombakan SS3 sampai 8 dengan total jarak kompetisi 131,36 km.

Tantangan Ubang dan tim BFRT-nya terbilang besar, bukan saja untuk mendongkrak posisi tetapi sekaligus juga mempertahankan peringkat sementaranya.
Pasalnya, posisi enam ditempati pereli senior Selandia Baru Hayden Paddon (Skoda Fabia S2000) yang merupakan juara dunia PWRC 2011.

Di SS1 mobilnya alami kerusakan power steering sehingga kehilangan waktu sekitar satu setengah menit dan finish ke-7. Di SS2 ia tampil sebagai finisher ke-3, membuat ketertinggalan waktunya dari Ubang tinggal 19 detik.

Tags:
Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas