Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Sean Gelael Bersiap Hadapi Seri Formula 3 di Hongaria

Sean Gelael akan kembali berlaga di Kejuaraan FIA Formula 3 Eropa di sirkuit Hungaroring, yang terletak di dekat Budapest.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Sean Gelael Bersiap Hadapi Seri Formula 3 di Hongaria
blog
Sean Gelael 

TRIBUNNEWS.COM, BUDAPEST - Sean Gelael akan kembali berlaga di Kejuaraan FIA Formula 3 Eropa di sirkuit Hungaroring, yang terletak di dekat Budapest, ibu kota Hongaria, 31 Mei sampai dengan 1 Juni 2014.

Ini adalah pertama kalinya Kejuaraan Formula 3 dilakukan di sirkuit ini, yang juga merupakan tempat diselenggarakannya Hungarian Grand Prix sejak sirkuit ini dibuka pada tahun 1986.

Tetapi, Sean bersama dengan pebalap lainnya, sudah pernah melakukan dua hari testing di Hungaroring sebelum musim pertandingan tahun ini dimulai.

Testing Sean di sana berjalan cukup baik, dan kepercayaan diri Sean yang mengendarai mobil Jagonya Ayam with Carlin Dallara-Volkswagen juga semakin meningkat setelah ia berhasil memperoleh poin pertamanya dalam kejuaraan Formula 3 di sirkuit jalan raya Pau, Perancis, pada seri sebelumnya.

Hungaroring banyak memiliki tikungan dengan kecepatan sedang, jadi secara teknis akan cukup sulit. Sejak dibuka 28 tahun yang lalu, banyak orang yang mengatakan bahwa lintasan di sirkuit ini hampir sama dengan sirkuit jalan raya tanpa adanya rumah-rumah di sekitarnya.

Dengan suhu musim panas yang akan sangat panas di daerah Eropa bagian tenggara, ditambah dengan kenyataan bahwa para pebalap hanya memiliki sedikit waktu untuk beristirahat, menjadikan lintasan di Hungaroring ini menuntut tingkat kebugaran pebalap yang sangat tinggi, tidak terkecuali bagi Sean.

Untungnya, hampir semua pebalap unggulan di Formula 3 memiliki tim khusus untuk urusan kebugaran, termasuk Sean.

BERITA REKOMENDASI

Para pebalap dari Tim Jagonya Ayam with Carlin, bekerjasama dengan sebuah perusahaan bernama Pro Performance, yang sudah berdiri sejak tahun 2002, dan bertugas untuk meningkatkan kinerja seorang atlet dengan menggunakan ilmu pengetahuan dalam olahraga.

Selama bertahun-tahun, Pro Performance membantu semakin banyak atlet-atlet olahraga otomotif yang membuktikan bahwa ilmu pengetahuan memiliki dampak yang besar pada performa seorang atlet.

"Bagi seorang pebalap, hidrasi memiliki pengaruh yang sangat besar apabila berhubungan dengan konsentrasi, terutama pada saat seorang pebalap berusaha melakukan putaran-putaran cepat," jelas Dan Williams dari Pro Performance, yang membantu Sean dalam keterangan pers yang diterima Tribunnews.com.

"Kami melakukan latihan fisik bersama dengan para pebalap, kardiovaskular, kekuatan, dan latihan-latihan ini dapat membantu pebalap dalam proses pengambilan keputusan pada saat mereka berada di lintasan. Di dunia balap, Formula 3 merupakan saat pertama dimana para pebalap cenderung mulai benar-benar merasakan ketegangan fisik dan kelelahan yang cukup berat, dan banyak pebalap yang benar-benar terkuras energinya setelah menyelesaikan seri sebelumnya di Pau, karena tuntutan konsentrasi yang sangat tinggi. Hungaroring pun tidak jauh berbeda, suhu udara bisa mencapai 30 derajat, yang tentu saja membuat para pebalap harus bekerja keras," ungkapnya.

Dan Williams menambahkan, bahwa jadwal fitness Sean dipecah menjadi beberapa bagian besar, tergantung dari kalender pertandingan. Sebagian besar latihan-latihan yang berat sudah dilakukan pada saat musim dingin, saat musim pertandingan belum dimulai, sedangkan pada saat musim pertandingan berjalan, semuanya berdasar pada performa puncak si pebalap pada saat balapan akhir pekan.

Akan ada masa istirahat di akhir musim panas, sebelum kembali berlatih keras untuk akhir musim. Bahkan ketika Sean pulang kembali ke Indonesia saat jeda balapan untuk bersekolah, Sean tetap harus melakukan beberapa latihan fisik, dan harus mengikuti program ketat yang sudah diatur.

Menjadi salah seorang pebalap bertubuh tertinggi, Sean harus sangat berhati-hati untuk menjaga berat badannya untuk tidak turun, karena kalau tidak, mobil Sean harus diberikan pemberat untuk mencapai berat minimum sehingga bisa meningkatkan performa. Semakin ringan berat badan seorang pebalap, maka semakin banyak pemberat yang dibutuhkan.

"Sean harus benar-benar menjaga berat badannya dengan baik," kata Dan. DDia memiliki kaki yang sangat panjang, jadi kami harus sangat berhati-hati dalam menjalankan program latihannya, karena mungkin bisa membuat Sean lebih rentan terhadap cedera tubuh bagian belakang," jelasnya.

Selama balapan, Dan bertindak lebih sebagai seorang fisioterapis.

"Kami melakukan latihan-latihan pemanasan bersama para pebalap, mengaktifkan otot-otot untuk membuat mereka fokus dan siap. Saya meminta Sean untuk melakukan peregangan, karena ia memiliki punggung dan kaki yang panjang, selain itu ada juga pijatan-pijatan untuk melancarkan peredaran darah, dan kadang-kadang ada variasi dengan bertinju dan skipping", kata Dan.

"Kami juga menjaga diet dan asupan nutrisi bagi para pebalap, dan seorang pebalap juga dapat berbicara secara pribadi dengan saya, hanya sekedar untuk melegakan pikiran apabila sebuah balapan berjalan buruk," ujarnya.

Kebugaran adalah sebuah contoh dari keterlibatan para ahli untuk meningkatkan performa dari seorang pebalap. Anda dapat yakin, bahwa apabila Sean di Hongaria, dapat melakukan sebaik apa yang dilakukannya di Pau, maka Dan Williams akan sama bangganya seperti tim.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas