Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Rich Franklin Sedang Membiasakan Diri Jadi Wakil Presiden ONE FC

Dulu jadi petarung mixed martial arts (MMA) sekarang Rich Franklin menjalani peran baru dalam hidupnya

Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Rich Franklin Sedang Membiasakan Diri Jadi Wakil Presiden ONE FC
espn.go.com
Rich Franklin semasa aktif jadi petarung Mix Martial Art 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dulu jadi petarung mixed martial arts (MMA), sekarang Rich Franklin menjalani peran baru dalam hidupnya. Rich pun mengaku masih berusaha membiasakan diri menjadi Wakil Presiden ONE FC, organisasi MMA terbesar di Asia.

Rich menjabat sebagai Wakil Presiden ONE FC sejak April 2014. Juara dunia tiga kali kelas Middleweight itu mengaku peran yang dia jalani saat ini sangat menarik. Menurut Rich, saat ini dia sangat sibuk dan mobilitasnya tinggi karena harus mengunjungi sejumlah negara, terutama di kawasan Asia.

“Tahun depan kami memiliki sejumlah jadwal pertarungan, salah satunya di Jakarta. Saya yakin tahun depan akan seperti roller coster yang melaju kencang bagi saya,” tutur Rich ditemui Tribunnews.com di kawasan Senayan, Kamis (11/12/2014).

Rich Franklin disebut-sebut sebagai salah satu pionir MMA. Pria yang wajahnya mirip aktor Jim Carrey itu melakoni debutnya sebagai petarung MMA profesional saat berusia 15 tahun pada 1999. Pria kelahiran Cincinnatti, Ohio itu pernah menorehkan catatan 15 kemenangan beruntun.

“Ini transisi yang tidak biasa. Menjadi seorang atlet adalah pekerjaan tersulit di dunia karena kebanyakan orang bekerja sepanjang hidup mereka. Sebagai seorang atlet, anda hanya bisa bekerja hingga akhir 30 tahun atau 40 tahun. Pada saat itu anda harus bisa menerima peran yang sama di dalam hidup orang lain pada umumnya ketika sudah begitu tua,” ujar pemegang gelar Master Pendidikan dari University of Cincinnatti.

Saat menyaksikan pertarungan dari luar cage, Rich mengaku terkadang masih kerap terbawa suasana. Rich ingin memberikan instruksi kepada petarung, namun dia sadar bukan bagian dari corner man. Rich pun mengaku masih butuh membiasakan diri dari kehidupan yang telah dia jalani selama 20 tahun.

“Tapi tetap saja peran ini menyenangkan. ONE FC merupakan merupakan yang terbesar dan MMA begitu berkembang di Asia. Saya pun harus menjadi bagian dari itu di perusahaan untuk memastikan itu terus tumbuh,” kata mantan guru matematika di Oak Hills High School.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas