Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Turnamen Sepakbola Piala Agum Gumelar Kembali Digelar

Turnamen sepakbola memperebutkan Piala Agum Gumelar kembali digelar

Penulis: Toni Bramantoro
zoom-in Turnamen Sepakbola Piala Agum Gumelar Kembali Digelar
ist
Tim Sepakbola SIWO PWI Jaya saat menjuarai turnamen Sepakbola Agum Gumelar Cup 2013 

TRIBUNNEWS, COM. JAKARTA - Turnamen sepakbola memperebutkan Piala Agum Gumelar kembali digelar. Ajang persaingan di lapangan hijau yang mengabadikan nama mantan ketua umum PSSI dan KONI Pusat ini, sebagaimana sebelumnya, diikuti empat kesebelasan.

Yakni, dua tim dari Selebritis Football Club (SFC), serta tim gabungan komedian dan mantan atlet, dan tim Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Jaya, yang menjuarai beberapa Piala Agum terakhir.

Agum Gumelar Cup ke-9 ini akan diselenggarakan 9-10 Januari 2015 di lapangan Timnas PSSI, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan. Pelaksanaan Agum Gumelar Cup IX memang agak berbeda dari turnamen-turnamen sebelumnya, yang biasanya digelar pada pertengahan Desember--bersinggungan dengan hari kelahiran mantan ketua Komite Normalisasi (KN) PSSI yang ditunjuk oleh FIFA itu, yakni 17 Desember.

"Karena baru akan diselenggarakan pada 9-10 Januari 2015, panitia masih punya cukup waktu untuk mempersiapkan penyelenggaraan turnamen ini lebih baik lagi," demikian diungkapkan Agum Gumelar pada jamuan makan malam dengan peserta turnamen, Jumat (12/12) dikediamannya.

Agum Gumelar mengharapkan, turnamen ini benar-benar dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai ajang silaturahmi dan persahabatan. "Persaingan yang terjadi tetap dilandasi sportivitas," katanya.

Perwakilan dari empat tim peserta menghadiri acara jamuan makan malam itu, yakni dari tim bintang film & sinetron, presenter & musisi, gabungan komedian & mantan atlet nasional, dan tim Siwo PWI Jaya. Dari SFC, hadir antara lain Gusti Randa, Rendra Soedjono dan Said.

Dari komedian, ada Rico Ceper dan Bedu, sementara dari mantan atlet diwakili Krisna Bayu, pejudo yang dua kali tampil di Olimpiade. Dari tim Siwo Jaya, diwakili manajer tim Toni Bramantoro.

BERITA TERKAIT

Empat tim peserta saat itu juga menyetujui dilakukannya pertemuan teknik, antara lain dengan menyepakati jumlah pemain dalam setiap tim, yakni 20. Ke-4 perwakilan tim juga langsung memberikan nomimasi nama-nama pemain yang akan memperkuat tim masing-masing. Namun, undian pertandingan baru akan diadakan awal Januari.

Mereka yang tercatat masih bermain di klub, tidak diperkenankan tampil di turnamen ini, demikian salah satu prinsip yang disepakati perwakilan empat tim peserta. Namun, mantan pemain nasional bisa berpartisipasi, sejatinya mereka yang kini menyandang status komentator atau presenter sepakbola di televisi.

Oleh karena itu, nama Yeyen Tumena dan Imran Nahumarury diusulkan masuk dalam tim presenter & musisi.

Tim gabungan komedian dan mantan atlet kini juga relatif lebih kuat.

"Tim kita terdiri dari 50 persen komedian dan 50 persen mantan atlet," kata Krisna Bayu.

Sejumlah mantan pebulutangkis nasional, seperti Taufik Hidayat, Sigit Budiarto, Chandra Wjaya, dipastikan masuk. Tim ini juga akan kembali diperkuat oleh Joko Driyono, sekjen PSSI sekaligus CEO PT Liga Indonesia.

Sementara itu, juara bertahan Siwo Jaya dipastikan akan menurunkan sebagian besar dari pemain yang baru saja tampil di Piala Liga Siwo 2014 2-8 Desember lalu di Surabaya.

"Tim untuk Piala Agum nanti kemungkinan akan bermaterikan 70 persen dari pemain di tim Liga Siwo 2014 tersebut," jelas Faisal 'Crep' Yusuf, pelatih tim Siwo Jaya.

Terkait dengan hadiah uang yang diperebutkan pada Agum Gumelar Cup IX/2015 ini, Agum Gumelar memastikan, jumlahnya akan ditingkatkan.

Pada Agum Gumelar Cup VIII/2013, hadiah yang diperebutkan mencapai Rp 60 juta, rinciannya Rp 25 juta untuk tim juara, Rp 15 juta bagi runner-up, serta masing-masing Rp 10 dan 5 juta untuk peringkat 3-4. Untuk pencetak gol terbanyak (topskorer) dan pemain terbaik juga diberikan hadiah.

"Hadiah uangnya kita tambah," kata Agum Gumelar kepada Agus Susanto dan Tubagus Adhi, panitia penyelenggara turnamen ini. tb

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas