Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Mantan Atlet Nasional Harapkan Pemerintah Benahi Prestasi Olahraga Indonesia

Mantan Atlet Nasional itu juga meminta Menpora untuk segera berbenah dalam penyelenggaraan Asian Games

Penulis: Toni Bramantoro
zoom-in Mantan Atlet Nasional Harapkan Pemerintah Benahi Prestasi Olahraga Indonesia
tribunnews.com/oro
Mantan Atlet Indonesia 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan atlet nasional yang tergabung dalam Forum Komunikasi Mantan Atlet Nasional (FK MAN) dan peduli dengan prestasi olahraga Indonesia menuntut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi untuk melakukan pembenahan menyeluruh terhadap pemasalahaan yang menyangkut olahraga nasional dan persiapan Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Indonesia.

“Jangan biarkan permasalahan berlarut-larut, imbasnya pembinaan yang berjalan saat ini akan semakin menjauhkan harapan prestasi Indonesia untuk kembali bangkit dan penyelenggaraan Asian Games akan terasa sebagai pemborosan semata,” ungkap Koordinator FK MAN, Taufik Hidayat dalam prescon ‘Menilai 100 Hari Kinerja Menpora' di Gedung Kompas Gramedia Jakarta, Senin (16/2/2015).

Selain Taufik Hidayat, ada pula juara Olimpiade Rexy Mainaky yang kini aktif sebagai kepala bidang pembinaan dan prestasi PP PBSI, mantan petinju nasional Samsul Anwar, mantan peloncat indah yang kini menjadi pelatih Harly Ramayani, mantan perenang terbaik dieranya Lukman Niode, Ivana Lie, Krisna Bayu dan masih banyak lainnya.

Para mantan atlet nasional yang telah menorehkan tinta emas ditingkat dunia itu menilai dalam 100 hari pertama, seharusnya Menpora mampu memberikan terobosan terhadap permasalahan terkini dan membuat gebrakan namun kenyataannya segudang permasalahan mengakibatkan prestasi atlet-atlet Indonesia semakin menurun.

“Dilevel Asia Tenggara, SEA Games 2013 lalu kita hanya berada diposisi keempat, dan puncaknya di Asian Games 2014 kita juga gagal memenuhi target 10 besar dan melorot diposisi 17, Posisi ini dibawah Thailand,” jelas Taufik.

Mantan Atlet Nasional itu juga meminta Menpora untuk segera berbenah dalam penyelenggaraan Asian Games yang akan digelar di Jakarta dan Palembang dengan membuat kebijakan dan formula baru untuk mensukseskan event terbesar di benua Asia itu dan menghentikan penyebab penurunan prestasi.

“Kami meminta Menpora mengganti seluruh pejabat maupun pelaksana yang tidak kompeten dan sudah nyata terus menerus gagal dalam pembinaan dengan menggantinya dengan melakukan uji publik untuk mengukur kompetensi,” kata Taufik.

BERITA TERKAIT

FK MAN diaki Taufik Hidayat dan kawan-kawan juga bersedia jika diminta pemerintah memberi masukan untuk perkembangan olahraga di tanah air.

"Kami siap diajak urun rembuk, tetapi tidak hanya sekedar wacana, kami ingin apa yang menjadi program kami bisa dilaksanakan," tandas Taufik.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas