Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Giliran Akbar Kurniawan Rebut Gelar

Giliran M.Akbar Kurniawan yang merebut gelar, Kejuaraan Equestrian "Cinta Indonesia Open 2015" di APM Equestrian Centr

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Giliran Akbar Kurniawan Rebut Gelar
ist
M.Akbar Kurniawan juara 

TRIBUNNEWS, COM. JAKARTA - Setelah M.Akbar Maulana menuai keberhasilan dari penampilannya di hari pertama, Jumat (30/10), hari Sabtu (31/10) giliran M.Akbar Kurniawan yang merebut gelar, Kejuaraan Equestrian "Cinta Indonesia Open 2015" di APM Equestrian Centre, Tigaraksa, Tangerang, mewujudkan hasil latihan keras mereka.                                   

M.Akbar Kurniawan memenangi kelas Introductory yang diikuti sembilan peserta. Setelah itu, kakak beradik M.Akbar Maulana dan M.Akbar Kurniawan ini menempati posisi ke-2 dan 3 di kelas Preliminary. Keduanya kalah tipis dalam persentase nilai dari Ursula Amanda Sundoro.                       

Hari kedua "CIO 2015" seluruhnya mementaskan 10 kelas terdiri dari tiga dressage pemula interschool dan tujuh kelas show jumping.                                    

Tiga kelas dressage interschool berupa Walk Trot, Introductory, dan Preliminary. Sementara lima kelas lompat rintangan, 90-100 cm berupa interschool, 90-100 cm open, 120 cm, 130 cm. 50-70 cm interschool dengan optimum time, 70-90 cm interschool optimum time, dan 110 cm open two phases.                            

INTERSCHOOL.                                              

Persaingan di kelas-kelas interschool tetap menarik karena para rider pemula berkonsentrasi penuh dalam upaya membawa harum nama sekolahnya. Terbanyak peserta di Walk Trot, ada 30 entries. Di Introductory, delapan entries, dan di Preliminary empat entries.                                                         

Di Introductory M.Akbar Kurniawan menunggangi kuda kesayangannya. Keling Kurnia. Dari delapan kontestan, M.Akbar Kurniawan yang siswa SDI Al Azhar Kelapa Gading itu harus menghadapi lima rider dari tuan rumah, yakni SMA Adria Pratama Mulya.             

BERITA TERKAIT

Di Preliminary, hanya empat kontestan yang berpartisipasi, termasuk kakak beradik M.Akbar Maulana dan M.Akbar Kurniawan.                                                  

Maulana, siswa SMA II BS Cikarang, membesut Morenggo, sedangkan Kurniawan Prince Kurnia.                                

Interschool juga terdapat di jumping dari persaingan kelas 50-70 optimum time, 70-90 cm optimum time  dan  90-100 cm. Di 50-70 cm, ada 15 kontestan, termasuk M.Akbar Kurniawan yang membesut Arek Kurnia. Sementara di 70-90 cm, ada sembilan peserta, termasuk andalan Pegasus Daniel Wiseso Prawiro dengan Kabiala, dan Dwiputri Sita Hapsari, andalan Anantya Riding Club (ARC) yang makin maju penampilannya.                                      

Sita juga tampil di 90-100 cm, tetap bersama Sharkyah, dengan  empat kontestan lainnya. Sita yang tampil atas nama SMA Global Mandiri Cibubur adalah putri dari Sekjen Eqina-Pordasi Dewi Anggraeni. Sharkyah merupakan kuda lamanya  sebelum Enya.                       

RIDER NASIONAL                        

Persaingan seru juga terjadi di kelas 90-100 cm dengan 28 entries. Hampir semua rider handal tampil di sini, termasuk kakak beradik Andry Prasetyono dan Ferry Wahyu Hadiyanto dari Equinara yang menjadi andalan di SEA Games 2014 Singapura.

Yanyan Hadiansyah juga dari Equinara, serta Brayen Brata Coolen (Aragon) dan Raymen Kaunang yang kini kembali ke Dwima Turangga Equestrian. Dari APM, ada Jendry Palendeng.                                

Seru dan ketat juga tersaji di kelas 120 cm dengan 16 entries itu. Ada Danny Rukmana (D'Rider) yang ikut SEA Games Singapura, lalu Raymen Kaunang, Andry Prasetyono. Brayen Brata Coolen, Ferry Sudarmadi, dan dua jago tuan rumah, Adi Katompo dan Nadia Marciano.                                             
Di kelas 130 cm, Nadia Marciano dengan APM Serafina terdapat diantara sembilan entries yang tampil. Putri dari Marciano Norman dan Triwatty Marciano ini bersaing dengan Andry Prasetyono, Ferry Wahyu, Dennis Christian Sanjaya. Brayen Brata Coolen, Yoel Momongan, Danny Rukmana, dan Adi Katompo yang menunggang APM Nastello.                

Serunya persaingan di kelas-kelas atas yang melibatkan rider-rider utama itu juga tak terlepas dari penempatan 'show' mereka, yang harus diselang-selingi. Disamping itu sebagian juga merkmenggunakan kuda-kuda yang sama, sehingga perlu 'recovery'.            

HASIL DRESSAGE SABTU (31/10):
I. WALK TROT INTERSCHOOL: 1.Priyanka Najwa P (Great Blessing/SMP Labschool Rwmangun/71.56%), 2. Savior Robot (Golden Boy/SD Mekas Sari Pulomas/71.56%), 3. Mella Ananda Putri (Atlantik/Darul Hikam Internation School/71.25%), 4, Aleeya Kanahaya (Golden Boy/SD Islam Tugasku Pulomas/68.44%), 5. Mia Andhika Sri Az Zahra (JN Lady in Black/Sekolah Alam Cikeas/68.44%), 6. Mella Ananda Putri (Halmahera/Darul Hikam International School/68.13%), 7.RA.Yumma (Lantana/SD Muhammadiyah 07 Bandung/68.13%);                                          
II. INTRODUCTORY SCHOOL:1.M.Akbar Kurniawan (Keling Kurnia/SD Islam Al Azhar Kelapa Gading/63.50%), 2. Sahfira Isni Nur Aprillia (APM Dewa/SMA Adria Pratama Mulya/59.25%), 3. M.Dhavindo Jelondra (Arek Kurnia/SD Islam Al Azhar Kelapa Gading/59.25%);      

III. PRELIMINARY INTERSCHOOL: 1.Ursula Amanda Sundoro (APM Lady in Black/Santa Laurensia Serpong/65%), 2. M.Akbar Maulana (Morenggo/SMA II BS Cikarang/64.66%), 3. M.Akbar Kurniawan (Prince Kurnia/SD I Al Azhar Kelapa Gading/63.45%), 4.Natasya Marsya Eiffelira (JN Lady in Black/Labschool Cibubur/56.03%). tb

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas