Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Lari Ultramarahton 64 KM, Komunitas Canirunners Kumpulkan Rp 1,1 Miliar Untuk Bangun Sekolah

Dua tahun yang lalu pernah ada fun racing. Dari acara itu, terkumpul dana untuk merehab hall baseket

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Lari Ultramarahton 64 KM, Komunitas Canirunners Kumpulkan Rp 1,1 Miliar Untuk Bangun Sekolah
Tribunnews.com/Wahyu Aji

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Berawal dari hobi berlari, komunitas Canirunners dari Perhimpunan Alumni Kolese Kanisius Jakarta (PAKKJ), berhasil mengumpulkan uang Rp 1,1 miliar yang didonasikan untuk membangun sekolah.

Ketua panitia acara sekaligus dari PAKKJ Glenn Sebastian mengatakan, ide berlari untuk beramal yang dikumpulkan pihaknya bukan pertama kali digelar.




"Kami pengen hobi lari ngga sekedar berolaraga, tapi bisa bermanfaat untuk sesuatu yang lebih besar," kata Glenn saat ditemui Tribunnews.com di SMA Kolese Kanisius, Jalan Menteng Raya 64, Jakarta Pusat, Minggu (6/12/2015).

Menurutnya, dua tahun yang lalu pernah ada fun racing. Dari acara itu, terkumpul dana untuk merehab hall basket sekolah mendonasikan sebagian ke Seminari Petrus Kanisius Mertoyudan.

"Kami mau adakan lagi dan tanya-tanya ke kepala sekolah. Ternyata Sekolah Kejuruan Industri Perkayuan (PIKA), Semarang, yang tergabung dalam asosiasi lembaga pendidikan yang dikelola para Pastor Jesuit, perlu dana untuk membangun kelas baru. Sekarang kelasnya terlalu sedikit. Proses belajarnya pun kurang efisien," kata Glenn.

Hal itulah yang mendasari ide lomba marathon bertajuk CC64K RUN4PIKA. Lomba lari ini sendiri dibagi dalam beberapa kategori yakni 64 km; 33 km; 16 km; dan, 6 km. Selain berlari, peserta akan diminta mengumpulkan dana dari koleganya.

BERITA TERKAIT

Nilai donasi dari para suporter nantinya dikonversi menjadi kilometer yang harus ditempuh oleh pelari.

"Totalnya 498 pelari, umum sih. Bukan hanya alumni saja. Jadi si pelari itu dijadikan agen, sales person untuk cari donasi, misal ada yang lari 64 Km, ayo dong support saya untuk lari. Semuanya disumbangkan ke PIKA," kata Glenn.

Luar biasanya, donasi yang terkumpul lewat acara tersebut hingga hari ini tembus angka Rp 1,1 miliar. Uang tersebut bakal langsung diserahkan untuk pembangunan PIKA.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas