Tribun Sport

Muay Thai Jadi Gaya Hidup Perempuan Banua

Olaharaga bela diri kini makin digandrungi oleh kalangan perempuan di negeri ini, termasuk di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Di antaranya adala

Editor: Samuel Febrianto

TRIBUNNEWS.COM, BANUA - Olaharaga bela diri kini makin digandrungi oleh kalangan perempuan di negeri ini, termasuk di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Di antaranya adalah muay thai, bela diri yang berasal dari Thailand.

Di Banjarmasin, jenis olahraga bela diri ini mulai digemari warga di kota ini sejak beberapa tahun lalu. Awalnya hanya oleh kalangan laki-laki, namun sejak sekitar tiga tahun terakhir juga mulai diminati kaum hawa.

Baca: Sampai Juni Nanti, Gudang Bulog Akan Dibanjiri Beras Impor

Ada beberapa tempat latihan muay thai di Banjarmasin. Salah satunya yakni di lantai dua SR Studio di Jalan Jafri Zamzam, Banjarmasin.

Jumlah orang yang latihan di tempat ini memang tak terlalu banyak, namun mereka aktif latihan. Bahkan ada yang hingga tiga kali dalam sepekan latihan di tempat ini, di antaranya Una, warga Jalan Sutoyo S, Kompleks KerOkan.

Baginya sangat banyak manfaat yang didapat dari keaktifannya latihan muay thai. Tak cuma tubuh menjadi bugar, tapi juga efektif untuk menjaga diri. Apalagi dirinya seorang pekerja swasta yang kerap bepergian ke luar kota.

Selain itu jika rutin dan tekun latihan, berat badan pun juga bisa susut secara signifikan. Pastinya menjadi impian tiap perempuan memiliki berat badan yang ideal yang tentunya bakal menguatkan kepercayaan diri.

Baca: Syahrini Baru Datang Karena Sakit dan Ke Luar Negeri

SR Studio tergolong tempat latihan muay thai yang cukup diminati oleh para pencinta seni bela diri muat thai di Banjarmasin. Selain tempatnya mudah dijangkau, kapabilitas pelatihnya juga menjadi daya tarik tersendiri.

Pelatih muay thai di SR Studi yakni Salim Yamlean. Ia bukan orang sembarangan, karena selain memiliki pengalaman, yang bersangkutan adalah atlet tinju, wushu, dan muay thai.

Salim menuturkan muay thai memiliki teknik sederhana yang menjadi dasar tiap gerakan yaitu tangan (kepalan), siku, lutut, dan kaki (tendangan). Jenis pukulannya antara lain meliputi jab, strike, hook, uppercut, elbow, dan kick.

Tak melatih di SR Studio, Salim juga menggelar latihan secara private ke sejumlah institusi yang umumnya didominasi perbankan.

Menurutnya, olahraga ini selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan badan juga menempa mental seseorang untuk lebih berani dalam menghadapi sesuatu.(*)

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas