Tribun Sport

Kisah Andy Wibowo Mantan Perenang Indonesia yang Beralih Mejadi Atlet Triatlon

Andy pernah menyabet perak di SEA Games 2003 di Hanoi dan Perunggu di SEA Games 2007

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Kisah Andy Wibowo Mantan Perenang Indonesia yang Beralih Mejadi Atlet Triatlon
Tribunnews/Abdul Majid
Atlet triatlon Indonesia, Andy Wibowo saat menjadi pembicara di acara sharing session gaya hidup sehat di kawasan Alam Sutera, Tangerang, Minggu (15/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Nama Andy Wibowo sempat menjadi andalan Indonesia di cabang olahraga renang. Bahkan ia pun pernah mendulang medali bagi Indonesia.

Turun di nomor 100 meter gaya kupu-kupu yang merupakan nomor andalannya, Andy pernah menyabet perak di SEA Games 2003 di Hanoi dan Perunggu di SEA Games 2007 yang dihelat di Bangkok, Thailand.

Namun kini, Andy Wibowo beralih profesi setelah memutuskan pensiun jadi perenang pada 2008 silam. Olahraga triatlon pun menjadi pilihannya dan masih ia tekuni hingga kini.

“Jadi sebenarnya saya mengenal triatlon sejak pensiun dari renang 2008 silam. Kebetulan 2009 ada acara Bali triatlon, nah senior saya Richard Sambera menyuruh saya untuk bergabung tapi sebagai tim relay. Selama tiga tahun saya mencoba sebagai tim relay, baru lah pada 2012 saya putuskan untuk mengikuti lomba individu,” cerita Andy Wibowo kepada tribunnews.

“Waktu itu  tidak ada terget apa-apa, cuma tertantang apakah aku bisa menyelesaikan dari berenang sampai lari tanpa berhenti. Pas saya ikut, saya bisa menjuarai katagori nasional, nah setelah itu saya melihat ada peluang,  kemudian saya tekuni secara serius sampai sekarang,” sambungya.

Dari ketekunannya itu, Andy Wibowo pun pernah  mengikuti IRONMAN World Championship yang berlangsung di Kailua-Kona, Hawaii, Minggu (14/10/2017) silam.

Andy yang kala itu bersama dengan Inge Prasetyo mencatat sejarah bagi Indonesia karena untuk pertama kalinya atlet triatlon putra dan putri Indonesia mengikuti ajang IRONMAN World Championship.

IRONMAN World Championship yakni kejuaraan yang atletnya diharuskan berenang sejauh 3,8 km, dilanjutkan dengan bersepeda sejauh 180 km dan berlari dengan jarak 42,195 km hingga garis finis.

Bahkan, dekat-dekat ini Andy siap memecahkan rekor terbaiknya pada kejuraan IRONMAN yang akan dihelat di Pualau Bintan, Riau, pada 18-19 Agustus mendatang.

Andy akan menjadikan Ironman 70.3 Bintan sebagai ajang kualifikasi Ironman Dunia sebelum mencapai IRONMAN World Champion yang akan berlangsung di Nelson Mandela Bay, Afrika Selatan, pada 1-2 September 2018.

Namun, di ajang Asian Games nanti, Andy Wibowo tidak diturunkan oleh Federasi Triatlon Indonesia. Meski demikian, ia pun tetap mendukung rekannya, Jauhari Johan untuk bisa tampil maksimal.

Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas