Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

UPH Juara Putra UEU Juara Putri LIMA Basketball Nationals

Tim basket putra Putra Universitas Pelita Harapan (UPH) Banten sukses mempertahankan gelar LIMA Basketball Nationals untuk ke empat kalinya

Penulis: Toni Bramantoro
zoom-in UPH Juara Putra UEU Juara Putri LIMA Basketball Nationals
ist
Tim basket putra Putra Universitas Pelita Harapan (UPH) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tim basket putra Putra Universitas Pelita Harapan (UPH) Banten sukses mempertahankan gelar LIMA Basketball Nationals untuk ke empat kalinya, di musim keenam penyelenggaraan kompetisi ini.

Di grand final pada Kamis (16/8), UPH mengalahkan Univ. Esa Unggul (UEU) dalam pertarungan ketat dan mendebarkan dengan skor akhir 65-64

Pertarungan ketat wajar terjadi, karena sebagai sesame wakil zona Greater Jakarta Conference, mereka sudah saling mengalahkan. Kalau di zona tersebut, UEU tampil sebagai pemenang, Maka di final nasional 2018 kali ini, Giliran UPH yang keluar sebagai jawawa.

The Eagles UPH memimpin kuarter pertama dengan kedudukan 19-16. Mereka tampak dominan saat unggul 27-18 di lima menit pertama kuarter kedua. Namun,

The Swans UEU mengejar hingga kedudukan 31-31 saat rehat paruh pertandingan di GOR Univ. Airlangga (Unair) Kampus C, Surabaya, ini.

Hendra (9) membuat poin terbanyak di kuarter ini dengan enam angka. Point guard UEU ini juga membuat lima poin lagi di kuarter kedua. Muhamad Arrighi (3) menjadi pemain paling subur di kuarter kedua dengan enam poin.

Kesengitan terlihat lagi dari kedudukan imbang (39-39) di paruh pertama kuarter ketiga. UEU berbalik unggul di akhir kuarter ini. Kuarter ketiga berakhir dengan skor 48-47.

BERITA TERKAIT

UEU melihat buah kolektivitas di kuarter ini. Tujuh pemainnya bisa mencetak angka. Enam poin Gabriel Jorge Josua (35) menjadi sumbangan terbanyak buat UPH di kuarter ketiga ini.

The Swans, dengan ambisi menjuarai Nationals untuk pertama kali, memimpin 59-56 di lima menit pertama kuarter penutup. Mereka unggul dua angka (64-62) di menit terakhir. Drama di detik-detik terakhir berakhir buruk buat UEU.

Sebelumnya, tim putri Universitas Esa Unggul (UEU) Jakarta berhasil mempertahankan gelar LIMA Basketball Nationals 2018 untuk dua musim berturut-turut usai mematahkan perlawanan Univ. Pelita Harapan (UPH) Banten dengan skor 62-56.

Pelatih UEU Parna Abrizalt Hasilohan menurunkan skuad terbaiknya yang terdiri dari Jane Charissa Purwandoyo (3), Tiara Aulia Denaya (4), Stella Fabiola (6), Kadek Sanis Jisanceghi (11), dan Shira Amadea Chalik (15) sebagai starter.

Mereka berhadapan dengan skuad UPH asuhan Fajar Kusumasari, yang tediri dari Millania Angela (17), Leonita Angela (16), Regita Pramesti (7), Fransisca Walandouw (13), dan Ni Komang Sitha Dewi Marino (2).

Mengawali kuarter pembuka UEU mengambil inisiatif menyerang sejak awal dan memimpin 8-5 di paruh pertama kuarter pertama. Dari dua kehilangan penguasaan bola yang dibuat UPH, UEU mampu mencetak tiga poin.

UEU juga membuat lima poin kesempatan kedua, berbanding UPH yang hanya membuat dua points of second chance itu.

Akan tetapi, UPH melesat di lima menit berikutnya dengan lari 13-1 atas lawannya. Kuarter pembuka berakhir dengan keunggulan 18-9 The Eagles, alias UPH Banten, atas rival beratnya itu.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas