Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Sore Ini Megawati Nonton Atlet Pencak Silat Berlaga

Setelah menghadiri final Bulu Tangkis, Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri direncanakan hadir pada ajang Pencak Silat Asian Games.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in Sore Ini Megawati Nonton Atlet Pencak Silat Berlaga
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Setelah menghadiri final Bulu Tangkis, Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri direncanakan hadir pada ajang Pencak Silat Asian Games. Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat dikonfirmasi memastikan, Megawati sedang dalam perjalan menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang menjadi tempat para atlet Asian Games bertanding.

“Ibu Megawati Soekarnoputri sangat tertarik untuk hadir menyaksikan adu pencak silat. Beliau menaruh perhatian besar terhadap olah raga yang begitu otentik dan sarat dengan tradisi kebudayaan Indonesia tsb," Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Rabu (29/8/2018).

Seperti halnya Bulutangkis, lanjut Hasto unsur kelincahan, strategi, dan pentingnya sinkronisasi gerak, menjadi ciri yang tidak jauh beda dengan pencak silat.

"Ibu Megawati sering mengatakan bahwa pencak silat ini nampaknya lembut, namun mampu menampilkan kekuatan tersembunyi yang begitu indah dan secara tiba-tiba langsung menyerang basis pertahanan lawan”, ujar Hasto Kristiyanto.

Akhir-akhir ini pencak silat memang semakin moncer. Beberapa film Hollywood bahkan sudah menampillan atraksi dan unsur pencak silat Indonesia. Di bidang pertahanan, kata Hasto lagi, Kopassus juga membekali unit khususnya dengan kemampuan pencak silat yang dikenal hebat di dalam memadukan kekuatan batin dan olah kanuragan tersebut.

"Inilah yang makin membanggakan kita. PDI Perjuangan sangat respek dan memberikan apresiasi tinggi atas kontribusi Pencak Silat sebagai pendulang medali emas Indonesia,” kata Hasto.

“Kami berharap Indonesia bisa menjadi pusat pengembangan Pencak Silat dunia. Jurus-jurus hebat yang dikembangkan atas dasar karakter hewan dan kelekatan dengan kebudayaan Indonesia menjadikan Pencak Silat sebagai persemaian rahmat kekuatan Ilahi dalam fisik manusia yang diekspresikan dalam berbagai jurus yang sungguh memesona kita,” lanjutnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas