Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Spekulasi Menpora Kabinet Kerja Jokowi Jilid II, DPP dan PP KNPI Beda Pilihan

Spekulasi susunan Menteri Kabinet Kerja Jilid II untuk periode 2019-2024 bermunculan ke permukaan, termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Penulis: Muhammad Nursina Rasyidin
Editor: Gigih
zoom-in Spekulasi Menpora Kabinet Kerja Jokowi Jilid II, DPP dan PP KNPI Beda Pilihan
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Ilustrasi foto - Mantan atlet bulutangkis, Icuk Sugiarto, membawa obor SEA Games 26 menuju kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2011). Selanjutnya obor SEA Games akan diarak ke lima wilayah DKI Jakarta, kemudian akan dibawa menuju ke Palembang. (tribunnews/herudin) 

TRIBUNNEWS.COM - Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin dijadwalkan akan terlaksana pada 20 Oktober 2019 mendatang.

Spekulasi terkait susunan Menteri Kabinet Kerja Jilid II untuk periode 2019-2024 pun bermunculan ke permukaan, termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Belakangan muncul nama seperti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Erick Tohir, Icuk Sugiarto, Maruarar Sirait, Raja Juli Antoni, Bahlil Lahadalia, Nadiem Makarim, hingga Tsamara Amany.

Baca: Jokowi Sebut Menteri Kabinet Kerja Jilid 2 dari TNI hingga Santri, Tak Sulit Menemukan Mereka

Namun, tidak menutup kemungkinan juga bakal dipegang oleh menteri berusia muda, kisaran umur 20-an atau 30-an tahun.

"Tetapi memang ke depan kita ingin ada warna yang muda-muda, entah umur 20 tahun, 25 tahun entah 30-an tahun gitu," papar Jokowi dalam acara Berita Satu News Channel, seperti yang dikutip TribunWow.com, Senin (3/6/2019).

Jokowi beralasan bahwa usia muda lebih dekat dengan dunia digital. Selain itu, anak muda juga energik, dinamis dan kreatif.

Presiden Joko Widodo  memberikan obor api Asian Games 2018  ke  Ketua Pelaksana Asia Game Ketua Asia Game 2018 Erik Tohir di halaman Istana  Merdeka, Jalan  Medan Utara, Jumat(17/8/2018).  Api melewati 54 kota dan kabupaten di 18 provinsi di Indonesia dengan menempuh jarak sekitar 18.000 kilometer akan  di nyalakan  Stadion Utama Gelora Bung Karno tepat pada saat acara pembukaan pada 18 Agustus 2018. (Presidential Palace/Agus Suparto)
Presiden Joko Widodo memberikan obor api Asian Games 2018 ke Ketua Pelaksana Asia Game Ketua Asia Game 2018 Erik Tohir di halaman Istana Merdeka, Jalan Medan Utara, Jumat(17/8/2018). Api melewati 54 kota dan kabupaten di 18 provinsi di Indonesia dengan menempuh jarak sekitar 18.000 kilometer akan di nyalakan Stadion Utama Gelora Bung Karno tepat pada saat acara pembukaan pada 18 Agustus 2018. (Presidential Palace/Agus Suparto) (Presidential Palace/Agus Suparto)

Sementara itu, di sisi lain, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) mendukung penuh Erick Tohir menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

BERITA TERKAIT

"Kami DPP KNPI mendukung penuh saudara Erick Tohir menjadi Menpora. Beliau sangat pantas untuk ditempatkan di sana," ujar Ketua Umum DPP KNPI, Abdul Aziz, dikutip dari Tribun Jakarta.

Bagi Abdul Aziz, harapannya, Jokowi menempatkan orang yang tepat untuk memimpin organisasi kepemudaan nasional.

Dibutuhkan seseorang yang dianggap mampu membawa olahraga Indonesia menuju prestasi yang lebih baik, menurut Abdul Aziz.

Baca: 4 Kriteria yang Harus Dipenuhi Menteri Jokowi, Apa Saja?

Icuk Sugiarto (Baju batik duduk tengah) dan organisasi kepemudaan yang mendukungnya
Icuk Sugiarto (Baju batik duduk tengah) dan organisasi kepemudaan yang mendukungnya (Tribunnews.com/Toni Bramantoro)

Sama halnya dengan Erick Tohir yang didukung oleh Ketum DPP KNPI, nama Icuk Sugiarto muncul ke permukaan setelah diusulkan Forum Pimpinan Organisasi Kepemudaan Nasional yang bernaung di bawah bendera KNPI.

Mantan juara dunia Bulutangkis tahun 1983 itu dicalonkan oleh 61 Pimpinan Organisasi Kepemudaan Nasional Puluhan Forum Cabang Olahraga untuk menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga pada Kabinet Kerja Jilid II Joko Widodo–Ma'ruf Amin.

Diberitakan Tribun Jakarta, Rachmad HS mewakili Forum Pimpinan Organisasi Kepemudaan Nasional menyatakan, diusulkannya Icuk Sugiarto lantaran bisa diterima kedua unsur yakni, kepemudaan dan olahraga.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas