Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Dukungan PBSI Setelah PON 2020 Ditunda, Sambut Positif Keputusan Pemerintah

PP PBSI mendukung langkah yang diambil pemerintah untuk menggeser penyelenggaraan PON.

Penulis: Rochmat Purnomo
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Dukungan PBSI Setelah PON 2020 Ditunda, Sambut Positif Keputusan Pemerintah
https://www.ponxx2020papua.com/
Logo PON 2020 

TRIBUNNEWS.COM - PBSI memberikan dukungan terkait penundaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan digelar di Papua.

PON 2020 sebelumnya dijadwalkan digelar pada 20 Oktober – 2 November kini resmi ditunda menjadi Oktober 2021.

Kepastian ini telah dikonfirmasi oleh Menteri Olahraga dan Pemuda, Zainudin Amali dalam Rapat Terbatas (Ratas) virtual bersama Presiden Joko Widodo, Kamis (23/4/2020) pagi, di Lantai 9 Kemenpora, Jakarta.

"Saya baru saja mengikuti Rapat Kabinet Terbatas yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden dengan agenda tunggal yakni pembahasan tentang kelanjutan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang direncanakan dilaksanakan pada Oktober 2020 ditunda menjadi bulan Oktober tahun 2021," kata Zainudin Amali, dikutip dari situs resmi Kemenpora.

Baca: Begini Alasan Penundaan PON 2020 di Papua

Baca: RESMI : PON 2020 Ditunda, Ini Pernyataan Resmi dari Menpora

Pada telokonfrensi yang dilakukan Menpora Zainudin Amali bersama teman-teman media terkait PON 2020 Papua, Rabu (15/4) sore, Menpora juga menyebutkan bahwa munculnya ditundanya PON 2020 menjadi bulan Oktober tahun 2021 itu adalah usulan dari KONI Pusat dan KONI Daerah.
Pada telokonfrensi yang dilakukan Menpora Zainudin Amali bersama teman-teman media terkait PON 2020 Papua, Rabu (15/4) sore, Menpora juga menyebutkan bahwa munculnya ditundanya PON 2020 menjadi bulan Oktober tahun 2021 itu adalah usulan dari KONI Pusat dan KONI Daerah. (kemenpora.go.id)

Dikutip Tribunnews dari laman Badmintonindonesia, PP PBSI mendukung langkah yang diambil pemerintah untuk menggeser penyelenggaraan PON.

Dukungan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budiharto, yang mengatakan bahwa banyak kendala yang akan dihadapi dalam pelaksanaan PON.

Kendala yang dihadapi salah satunya terkait kondisi dan situasi di Tanah Air Indonesia yang masih berupaya memberantas penyebaran virus corona atau Covid-19.

BERITA TERKAIT

"Secara prinsip, PBSI sangat mendukung keputusan ini karena ini memang langkah ini harus dilakukan," 

"Alasan yang pertama, dengan adanya musibah Covid-19, infrastruktur pasti akan terhambat," kata Budiharto dikutip dari Badmintonindonesia.org.

Achmad Budiharto, Sekjen PP PBSI
Achmad Budiharto, Sekjen PP PBSI (tribunnews.com/abdul majid)

Baca: PBSI Ajukan Pembatalan Indonesia Masters 2020 ke BWF

Baca: PBSI Umumkan Hasil Rapid Test Kedua, Tim Pelatnas Cipayung Negatif Covid-19

Budiharto menambahkan, hal kedua yang membuat pelaksanaan PON 2020 berat dilaksanakan yakni tentang kesiapan panitia penyelenggara.

"Terkait logistik dan lain-lain, sudah pasti panitia pelaksana akan kesulitan jika PON tidak ditunda. Sudah pasti tidak bisa sesuai dengan rencana," sebutnya.

Lebih lanjut, Budiharto juga melihat adanya kendala dari para atlet untuk mempersiapkan diri jelang PON.

PON merupakan sebuah ajang dengan tujuan utama meraih prestasi dan hal ini membutuhkan persiapan yang baik.

"Adanya wabah Covid-19 ini membuat persiapan atlet tidak bisa maksimal. Jadi kalau dipaksakan pun pasti hasilnya tidak akan sesuai dengan harapan dari pemerintah."

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas