Tribun Sport

Seluruh Kegiatan motorsport di Indonesia di 2020 Harus Dibatalkan, Rifat: Manfaatkan Persiapan

Tidak hanya ditunda, seluruh kegiatan motorsport di Indonesia pada tahun 2020 ternyata harus dibatalkan

Penulis: Toni Bramantoro
Seluruh Kegiatan motorsport di Indonesia di 2020 Harus Dibatalkan, Rifat: Manfaatkan Persiapan
dok pribadi
Rifat Sungkar berbincang dengan Naoya Nakamura, President Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) membuat beberapa jadwal balap nasional di Indonesia mengalami penundaan, salah satunya adalah ajang Kejuaraan Nasional Reli Indonesia.

Seharusnya Kejurnas Sprint maupun Speed Rally itu sudah bergulir sejak bulan Maret silam.

Tidak hanya ditunda, seluruh kegiatan motorsport di Indonesia pada tahun 2020 ternyata harus dibatalkan. Hal itu tertuang dalam surat edaran PP IMI nomor 305/IMI/E/VII/2020 pada awal Juli lalu yang intinya menyatakan pembatalan seluruh kegiatan balap dalam rangkaian Kejuaraan Nasional yang sudah dijadwalkan di tahun 2020.

Hal tersebut diputuskan mengingat pandemi Covid-19 di Indonesia belum juga mereda. Kendati demikian di dalam surat edaran tersebut PP IMI menyatakan bahwa rangkaian Kejuaraan Provinsi, Klub Event maupun latihan bersama masih dapat dijalankan dengan beberapa persyaratan.

Dengan kondisi yang ada, XPANDER Rally Team (XRT) dapat menerima dan memahami keputusan PP IMI tersebut. 

“Sudah pasti kami kecewa karena batal tampil pada ajang Kejurnas Reli di tahun 2020 ini, padahal XRT sudah melakukan berbagai persiapan terutama pengembangan kendaraan yang akan menjadi kuda pacu utama yaitu Mitsubishi XPANDER AP4,” ungkap Julian Johan (Jeje) selaku Team Manager XRT. 

“Namun sebagai tim profesional, kami tidak boleh larut dalam kekecewaan, malah kondisi ini memberi kesempatan untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi menghadapi tahun 2021,” sambung Jeje.

Menurut Jeje tim XRT tetap semangat dan fokus dalam persiapan dan pengembangan tim. Dan dalam waktu dekat Mitsubishi XPANDER AP4 akan menjalani uji coba di lintasan reli, baik gravel maupun aspal.

“Dalam waktu dekat ini kami akan melakukan sesi uji coba untuk Mitsubishi XPANDER AP4. Tentu saja dalam pelaksanaan uji coba tersebut kami menjalaninya sesuai protokol COVID-19 yang telah ditentukan,” ucap Jeje. 

“Semoga uji coba tim XRT ini dapat menambah motivasi tim-tim lainnya untuk tetap semangat dalam menghadapi ajang reli nasional tahun depan,” pungkas Jeje. 

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas