Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

HASIL MotoGP Eropa 2020: 'Pecah Telur', 3 Catatan Apik Iringi Kemenangan Joan Mir

Terdapat tiga catatan unik setelah Joan Mir berhasil pecah telur dnegan menjuarai MotoGP Eropa 2020, Minggu (8/11/2020).

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in HASIL MotoGP Eropa 2020: 'Pecah Telur', 3 Catatan Apik Iringi Kemenangan Joan Mir
JOSE JORDAN / AFP
Pemenang balapan Suzuki Ecstar pembalap Spanyol Joan Mir (kanan) merayakan di podium bersama pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Alex Rins (kiri) dan pembalap Spanyol Red Bull KTM Factory Racing Pol Espargaro setelah balapan MotoGP dari Grand Prix Eropa di sirkuit Ricardo Tormo di Valencia pada 8 November 2020. JOSE JORDAN / AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Terdapat tiga catatan unik setelah pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir berhasil meraih podium utama di MotoGP Eropa 2020.

Seri ke-12 ajang balap Grand Prix bertajuk MotoGP Eropa 2020 telah usai berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (8/11/2020).

Rider asal Suzuki Ecstar, Joan Mir berhasil menjadi yang tercepat dan diikuti oleh Alex Rins dan Pol Espargaro untuk posisi kedua dan ketiga pada gelaran MotoGP Eropa 2020.

Namun siapa sangka, dengan kemenangan yang dihasilkan Joan Mir, terdapat tiga catatan yang mengiri kegemilangan rider Suzuki Ecstar itu.

Baca juga: HASIL MotoGP Eropa 2020: Joan Mir Juara, Valentino Rossi Menderita, Quartararo Terkapar

Baca juga: HASIL Moto2 Eropa 2020: Andi Gilang Urutan ke-18, Anak Didik Valentino Rossi Juara

Pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Joan Mir bersaing di depan pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Alex Rins dalam balapan MotoGP di Grand Prix Eropa di sirkuit Ricardo Tormo di Valencia pada 8 November 2020.
JOSE JORDAN / AFP
Pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Joan Mir bersaing di depan pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Alex Rins dalam balapan MotoGP di Grand Prix Eropa di sirkuit Ricardo Tormo di Valencia pada 8 November 2020. JOSE JORDAN / AFP (JOSE JORDAN / AFP)

1. Juara Baru

Terhitung dari musim 2017, tidak ada pembalap yang mampu mempertahankan dominasinya di MotoGP Eropa.

Sebelumnya, Dani Pedrosa dari Repsol Honda mampu memenangi seri tersebut pada gelaran MotoGP 2017.

BERITA REKOMENDASI

Kemudian di MotoGP 2018, terdapat juara baru di mana Andrea Dovizioso dari Ducati Corse merengkuh podium utama.

Sedangkan musim lalu, Repsol Honda kembali berhasil meraih podium utama di MotoGP Eropa melalui Marc Marquez.

Terbaru, Joan Mir memperpanjang catatan bahwa MotoGP Eropa sulit untuk dipertahankan alias back to back podium utama untuk seorang rider.

Pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Joan Mir (kiri) mengejar pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Alex Rins selama balapan MotoGP di Grand Prix Eropa di sirkuit Ricardo Tormo di Valencia pada 8 November 2020.
JOSE JORDAN / AFP
Pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Joan Mir (kiri) mengejar pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Alex Rins selama balapan MotoGP di Grand Prix Eropa di sirkuit Ricardo Tormo di Valencia pada 8 November 2020. JOSE JORDAN / AFP (JOSE JORDAN / AFP)

2. Pertegas Puncak Klasemen MotoGP 2020

Dilansir dari laman MotoGP, dengan berhasil juaranya Joan Mir, kini sang rider kian mempertegas posisinya di puncak klasemen.

Tercatat, tambahan 25 angka membuat Mir kini mengoleksi 162 poin. Di mana urutan kedua dan ketiga menjadi milik Fabio Quartararo (125) dan Alex Rins (125).

Joan Mir kini memiliki margin podin 37 angka dengan Quartararo maupun Alex Rins sebagai tandem satu timnya.

Baca juga: HASIL MotoGP Eropa 2020: Joan Mir Juara, Valentino Rossi Menderita, Quartararo Terkapar

Pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Alex Rins (kiri) dan pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Joan Mir (kanan) berkompetisi dalam balapan MotoGP pada Grand Prix Eropa di sirkuit Ricardo Tormo di Valencia pada 8 November 2020.
JOSE JORDAN / AFP
Pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Alex Rins (kiri) dan pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Joan Mir (kanan) berkompetisi dalam balapan MotoGP pada Grand Prix Eropa di sirkuit Ricardo Tormo di Valencia pada 8 November 2020. JOSE JORDAN / AFP (JOSE JORDAN / AFP)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas