Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020 Tanpa Perlawanan Marc Marquez: Salah Si Baby Alien Sendiri

Menurut Joan Mir, absennya Marc Marquez adalah konsekuensi dari kesalahan yang dilakukan oleh pebalap andalan Repsol Honda itu sendiri.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020 Tanpa Perlawanan Marc Marquez: Salah Si Baby Alien Sendiri
LLUIS GENE / AFP
Pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Joan Mir merayakan kemenangan setelah memenangkan kejuaraan dunia MotoGP setelah Grand Prix Valencia di sirkuit Ricardo Tormo di Valencia pada 15 November 2020. LLUIS GENE / AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Pebalap juara MotoGP 2020, Joan Mir, mengatakan gelar yang ia raih akan tetap bernilai meski tanpa perlawanan sang juara bertahan, Marc Marquez.

Hasil finis di urutan ketujuh pada balapan MotoGP Valencia (15/11/2020) sudah cukup untuk mengantar Joan Mir,meraih gelar juara dunia musim ini.

Baca juga: Profil Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020, Kisah Kehidupan Masa Kecil, Fans Berat Valentino Rossi

Pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Joan Mir merayakan kemenangan setelah memenangkan kejuaraan dunia MotoGP setelah Grand Prix Valencia di sirkuit Ricardo Tormo di Valencia pada 15 November 2020.
LLUIS GENE / AFP
Pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Joan Mir merayakan kemenangan setelah memenangkan kejuaraan dunia MotoGP setelah Grand Prix Valencia di sirkuit Ricardo Tormo di Valencia pada 15 November 2020. LLUIS GENE / AFP (LLUIS GENE / AFP)

Tambahan 9 poin membuat Joan Mir mengukuhkan diri sebagai pemuncak klasemen MotoGP 2020 dengan raihan 171 poin.

Keunggulan 29 poin Mir atas pesaing terdekat, Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT), tidak bisa lagi dikejar dengan satu balapan tersisa pada MotoGP 2020.

Baca juga: Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020, Akan Pakai Nomor Motor 1 di MotoGP 2021?

Titel pembalap Suzuki Ecstar ini sekaligus menghentikan dominasi Marc Marquez yang sudah menjadi juara di MotoGP sejak musim 2016 hingga 2019.

Marquez absen sepanjang musim ini menyusul cedera serius pasca-insiden pada balapan pembuka, MotoGP Spanyol 2020, Juli lalu.

Absennya sang jagoan utama membuat gelar juara pada MotoGP 2020 dianggap kurang berharga.

BERITA TERKAIT

Akan tetapi, Mir tidak setuju. Dia mengatakan absennya Marquez tak membuat gelar juaranya menjadi tidak istimewa.

"Siapapun yang mengatakan gelar juara ini jadi kurang bernilai karena absennya Marc tidak paham soal olahraga motor," kata Mir, dilansir dari GPOne.

Menurut Joan Mir, absennya Marc Marquez adalah konsekuensi dari kesalahan yang dilakukan oleh pebalap andalan Repsol Honda itu sendiri.

Baca juga: Fakta-Fakta Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020: Baru Satu Kali Menang di Balapan Premier Seri MotoGP

"Marc tidak ada di sini bukan karena dia diculik. Marc absen karena ia melakukan kesalahan yang membuatnya tidak bisa menjalani musim," ujar Mir.

"Sebelumnya juga sudah ada kejadian pembalap yang dijagokan meraih titel justru cedera. Itu semua bagian dari MotoGP," tutur dia lagi.

Gelar juara dunia yang diraih Mir memastikan timnya, Suzuki, merengkuh prestasi yang sudah "absen" selama 20 tahun.

Kali terakhir Suzuki punya pembalap juara dunia ialah pada tahun 2000, saat itu kompetisi kelas raja masih bertajuk GP 500.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas