Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Sport
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

PON XX Papua

Mantap! Tiga Drone Militer Pendeteksi Wajah Bakal Dioperasikan di Lokasi PON Papua 2021

faktor keamanan jadi salah satu isu yang santer diperbincangkan jelang penyelenggaraan PON Papua.

Mantap! Tiga Drone Militer Pendeteksi Wajah Bakal Dioperasikan di Lokasi PON Papua 2021
tribunnews.com/abdul majid
Roi Letlora, Sekjen KONI Pusat Ade Lukman, Ambassador PON Papua 2020 Boaz Salossa dan Sekum PB PON XX Elia Loupatty foto bersama setelah melakukan konferensi pers terkait PON 2020 di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Kamis (29/4/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua II PB PON XX, Roi Letlora mengatakan keamanan untuk penyelenggaraan PON XX Papua pada 2-13 Oktober mendatang sudah mulai dipersiapkan.

Seperti diketahui, faktor keamanan jadi salah satu isu yang santer diperbincangkan jelang penyelenggaraan PON Papua.

Untuk itu, guna membantu kinerja TNI – Polri yang bertugas menjaga keamanan, PB PON menyiapkan peralatan canggih berupa drone yang ditempatkan di setiap lokasi penyelenggaraan.

Baca juga: PON Papua Bakal Dilengkapi Drone Canggih, katanya Bisa Deteksi Wajah Dari Ketinggian 3 Km

“Untuk pengamanan di kita saya mau tekankan bahwa kita dilengkapi juga dengan teknologi canggih untuk PON ini. Kita pakai drone yang kita sediakan oleh PB PON kepada pengamanan. Drone ini sebenarnya peralatan militer kita bantu kepada tim pengamanan kita, di pengamanan itu ada Polda dan Pangdam,” Roi dalam konferensi pers PB PON, Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (29/4/2021).

Drone yang dipersiapkan sebanyak tiga buah.

Drone tersebut akan dioperasikan di empat wilayah yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

Khusus untuk venue yang berada di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura hanya menggunakan satu drone.

Roi menjelaskan drone militer ini punya daya rekam yang sangat bagus. Salah satu kelebihannya bisa merekam wajah seorang dari ketinggian 3 KM.

“Drone ini dilengkapi alat detektor wajah yang kapasitas drone ini bisa mendeteksi di atas 3 KM dari venue. Sehingga bisa melihat kerumunan bahkan wajah juga terdeteksi,” kata Roi.

“Bahkan kalau ada orang yang black list atau sedang dicari itu pengaman sudah punya datanya dan katanya juga sudah dimasukan, jadi bisa terdeteksi. Dan kerumunan pun akan terdeteksi dengan mudah, itu salah satu yang dukungan kita kepada tim pengamanan,” pungkasnya.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas