Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Sport
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 Siap Digelar

Pada awal tahun 2021, Kementerian Olahraga dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia telah melakukan sinergi

The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 Siap Digelar
Dok. Panpel The TX Tondano Manado
Suasana jumpa pers The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 di Menara Bank Mega, Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pada awal tahun 2021, Kementerian Olahraga dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia telah melakukan sinergi untuk mengembangkan Sport Tourism atau pasar wisata olahraga dengan dengan sejumlah penyesuaian dalam penyelenggaraannya.

Adapun cabang olahraga yang semakin digemari di tengah pandemi ini adalah bersepeda. Selain sebagai hobi, olahraga ini juga terbukti mampu menjaga kesehatan dan imunitas tubuh.

Untuk mendukung upaya pemerintah tersebut, Transvision berencana menggelar “The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021” pada 3-4 Juli 2021.

Sebuah ajang balap sepeda di Tondano dan Kota Manado yang rencananya akan diikuti lebih dari 200 pesepeda dari seluruh Indonesia. Event ini akan dihadiri juga oleh beberapa pegiat sepeda antara lain: Agustin Ramli, Xtin Milan dan Markoneng.

Diadakannya acara ini bertujuan untuk mengembalikan gairah di sektor pariwisata sekaligus mengobati rasa rindu masyarakat untuk ikut serta dalam event olahraga sepeda.

“Transvision berharap kegiatan wisata olahraga melalui The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 ini dapat meramaikan dan membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi. Ini adalah rangkaian pertama dari 5 kegiatan yang akan diselenggarakan pada tahun 2021,” jelas Peter Gontha selaku Direktur Utama Transvision pada jumpa pers The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 di Menara Bank Mega, Jakarta.

Dia mengatakan, saat event berlangsung, peserta tidak diharuskan menggunakan sepeda balap, tapi juga diperbolehkan memakai semua jenis sepeda, baik sepeda lipat, BMX atau jenis lainnya.

"Peserta juga tidak dibatasi, siapapun boleh ikut. Turis mancanegara juga silakan kalau mau ikut," kata Peter.

Lalu, kenapa lokasi yang dipilih Road Bike Challenge 2021adalah Sulawesi Utara? Peter menjelaskan, Sulawesi Utara merupakan satu dari lima destinasi super prioritas yang ditetapkan pemerintah, tepatnya di Likupang. Selain Sulawesi Utara, empat lokasi wisata lain adalah Danau Toba (Sumatera Utara), Candi Borobudur (Jateng), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT).

"Selain Tondano dan Manado, kita nanti juga akan ke Likupang. Kita ingin promosikan daerah ini dan memberikan kontribusi kepada negara, apalagi kita dapat restu dari Kemenpar. Rencananya, Menparekraf (Sandiaga Uno) nanti akan ikut bergabung. Pada saat itu, Menparekraf ada pertandingan golf di sana, jadi setelah itu ikut bersepeda bersama kami," ujar Peter.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Toni Bramantoro
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas