Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Sport
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Timnas Basket Indonesia Langsung Tampil di FIBA Asia Cup 2021, Begini kata Maulana Fahreza Tamrella

Timnas Basket Indonesia mendapatkan keistimewaan dari FIBA. Pasukan Merah Putih tidak harus ikut babak playoff FIBA Asia Cup 2021 yang akan dilaksanak

Timnas Basket Indonesia Langsung Tampil di FIBA Asia Cup 2021, Begini kata Maulana Fahreza Tamrella
PP Perbasi
Timnas Basket Indonesia 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Timnas Basket Indonesia mendapatkan keistimewaan dari FIBA. Pasukan Merah Putih tidak harus ikut babak playoff FIBA Asia Cup 2021 yang akan dilaksanakan di Jakarta pada 12 hingga 14 Agustus mendatang.

Indonesia dibebaskan dari babak playoff karena statusnya sebagai tuan rumah kejuaraan basket tingkat Asia tersebut.

"Sesuai informasi dari FIBA, Timnas Basket Indonesia tidak perlu melakukan final qualifiers. Jadi kita tidak ikut playoff, langsung FIBA Asia Cup," ungkap Manajer Timnas Basket Indonesia, Maulana Fahreza Tamrella.

Timnas Basket Indonesia
Timnas Basket Indonesia (Dok. PP Perbasi)

Meski tidak diperbolehkan ikut playoff, para Arjuna Indonesia tetap akan memeras keringat sebelum FIBA Asia Cup 2021. Mereka akan gelar uji coba sebelum playoff mulai. Untuk lawan yang akan diajak sparring partner adalah lima negara peserta playoff yang mau.

"Diharapkan timnas bisa uji tanding dengan negara-negara peserta playoff sebelum mereka bertanding di playoff. Di antara lima negara peserta playoff mana saja yang memungkinkan untuk hadir di Jakarta lebih dahulu dan ini subject to FIBA approval tentunya," terang Mocha, sapaan karib Maulana Fakreza Tamrella.

FIBA Asia Cup 2021 logo
FIBA Asia Cup 2021

Sebelumnya, Timnas Basket Indonesia sempat direncanakan ikut playoff karena posisinya di fase kualifikasi lalu. Saat kualifikasi, Indonesia finish di posisi ketiga Grup A. Sesuai aturan FIBA, ada empat tiket sisa putaran final yang bisa diperebutkan oleh peringkat ketika dari masing-masing grup.

Di bagan playoff itu, Idonesia sempat masuk dalam Grup A bersama Guam dan Taiwan. Sementara Grup B diisi Arab Saudi, India, dan Palestina.

Manajer Timnas basket Indonesia, Maulana Fahreza Tamrella saat menjelaskan skuat Timnas Basket Indonesia di Tokopedia Tower, Jakarta, Jumat (3/1/2019). Tribunnews/Abdul Majid
Manajer Timnas basket Indonesia, Maulana Fahreza Tamrella saat menjelaskan skuat Timnas Basket Indonesia di Tokopedia Tower, Jakarta, Jumat (3/1/2019). Tribunnews/Abdul Majid (tribunnews.com/abdul majid)

Menatap FIBA Asia Cup 2021, skuad Timnas Basket Indonesia sedang berlatih di Breeze, BSD Serpong, Tangerang Selatan. "Ada pemain baru kita panggil ikut ttaining center. Namanya Sandy Ibrahim," jelasnya.

Sekjend PP Perbasi, Nirmala Dewi mengajak para penggawa timnas untuk tidak berkecil hati dengan batalnya ikut play off. Sebab, para arjuna Indonesia tetap akan mendapat kesempatan menambah jam terbang dengan uji coba melawan tim yang sepadan.

Nirmala Dewi Sekjen PP Perbasi di Hotel Faimont Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (27/4/2021).
Nirmala Dewi Sekjen PP Perbasi di Hotel Faimont Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (27/4/2021). (Dok. Humas PP Perbasi)

"Jadi tetap semangat, berlatih dengan giat demi bawa bangga Indonesia. Kami yakin timnas Indonesia bisa memberikan yang terbaik di FIBA Asia Cup nanti," jelas Nirmala.

Penulis: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas