Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Sport
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Olimpiade 2021

Hend Zaza, Atlet Termuda Olimpiade Tokyo 2021 Asal Suriah - Tempat Latihan Seadanya

Profil Hend Zaza, atlet tenis meja asal Suriah yang termuda di Olimpiade 2021, perjuangannya tak kenal lelah meski tak punya fasilitas mewah.

Hend Zaza, Atlet Termuda Olimpiade Tokyo 2021 Asal Suriah - Tempat Latihan Seadanya
Tony Leung/Hong Kong Table Tennis Association
Hend Zaza dari Suriah akan menjadi atlet termuda di Olimpiade Tokyo 2020. Foto: Tony Leung/Hong Kong Table Tennis Association diambil dari The Guardian. 

TRIBUNNEWS.COM - Apa yang Anda lakukan pada usia 12 tahun? Sebagian besar anak-anak pada usia itu mungkin sedang mengerjakan pekerjaan sekolah mereka atau sibuk bermain layaknya masa anak-anak.

Tapi tidak itu yang dilakukan oleh Hend Zaza, anak berusia 12 tahun asal Suriah yang saat ini akan tampil di Olimpiade Tokyo 2021.

Hend Zaza memastikan lolos ke Olimpiade Tokyo 2021 ketika berusia 11 tahun.

Dia lahir pada tahun 2009, Hend Zaza adalah orang Suriah pertama yang berkompetisi di cabang olahraga tenis meja Olimpiade Tokyo 2021 melalui kualifikasi.

Baca juga: Jalan Berliku Jason Anthony Ho-Shue ke Olimpiade 2021: Kerja IT di Rumah Sakit hingga Berhemat

Sebelum Hend Zaza, ada nama Heba Alleji yang juga berasal dari Suriah saat mengikuti Olimpiade rio 2016, tetapi melalui jalur undangan Komisi Tripartit.

Hend Zaza tidak hanya tercatat sebagai atlet termuda di Olimpiade, dia juga yang termuda yang pernah berkompetisi di tenis meja Olimpiade dan termuda kelima secara keseluruhan sejak Olimpiade modern dimulai.

Saat kualifikasi menuju Olimpiade Tokyo 2021 area Asia barat di Yordania pada Februari 2020 lalu, dia mengalahkan Mariana Shakian dari Lebanon, di mana usia atlet tersebut jauh dari usianya, yakni 42 tahun.

Hend Zaza telah bermain sejak usia 5 tahun dan berlatih di Klub tenis Meja Al-Muhafaza di Damaskus. Dia juga pemain ternis meja Suriah pertama yang memenangkan gelar nasional di semua empat kategori yang memenuhi syarat, harapan, kadet, junior, dan senior.

Baca juga: Serba-serbi Olimpiade 2021 - Wajah Lelah Pedri Bikin Pendukung Timnas Spanyol Risau

Situasi perang di Suriah telah menciptakan rintangan besar dalam persiapan Hend Zaza, tetapi dia membuktikan dengan ketabahan dan tekad seorang atlet muda.

Tentu saja, sejauh ini dia telah membuktikan itu, rintangan demi rintangan yang dia lalui untuk secercah harapan dan inspirasi bagi rekan senegaranya.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Nursina Rasyidin
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas