Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Greysia Polii: Deyana 'Keke' Lomban Sosok Inspirasi Saya Bermain Bulutangkis

Baik Greysia dan Keke sama-sama tumbuh besar di Manado, Sulawesi Utara.  Kebetulan keluarga Greysia dan Keke sangat dekat. 

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Greysia Polii: Deyana 'Keke' Lomban Sosok Inspirasi Saya Bermain Bulutangkis
Tribunnews/Jeprima
Atlet bulu tangkis All England Indonesia, Greysia Polii (kanan) dan Marcus Gideon saat konferensi pers sesaat setelah mereka tiba kembali di Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (22/3/2021) malam. Tim All England Indonesia dipaksa mundur dari kejuaraan All England 2021 setelah 20 dari 24 anggota tim menerima surat elektronik atau e-mail dari National Health Service (NHS) Inggris terkait kebijakan pada masa pandemi Covid-19 yang berlaku di negara tersebut. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lusius Genik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Legenda bulutangkis sektor putri, Deyana "Keke" Lomban menjadi inspirasi bagi pebulutangkis ganda putri Indonesia yang baru-baru ini menjuarai Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii

"Deyana Lomban itu adalah sosok inspirasi saya untuk ingin bermain bulutangkis," ucap Greysia saat konferensi pers bersama PBSI, Jumat (6/8/2021). 

Sebagai informasi, Deyana Lomban adalah mantan anggota skuad ganda putri Indonesia era 1996-2000-an yang terkenal dengan "jump smash-nya."

Baca juga: Pelatih Eng Hian Beberkan Kriteria Calon Pengganti Greysia Polii di Sektor Ganda Putri

Greysia Polii dari Indonesia merayakan kemenangan dengan Apriyani Rahayu dari Indonesia dalam pertandingan semifinal bulu tangkis ganda putri melawan Shin Seung-chan dari Korea Selatan dan Lee So-hee dari Korea Selatan selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 31 Juli, 2021.
Greysia Polii dari Indonesia merayakan kemenangan dengan Apriyani Rahayu dari Indonesia dalam pertandingan semifinal bulu tangkis ganda putri melawan Shin Seung-chan dari Korea Selatan dan Lee So-hee dari Korea Selatan selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 31 Juli, 2021. (Pedro PARDO / AFP)

Perkenalan Greysia dengan keluarga Keke, panggilan akrab Deyana Lomban, terjadi semasa keduanya masih kanak-kanak. 

Baik Greysia dan Keke sama-sama tumbuh besar di Manado, Sulawesi Utara. 

Kebetulan keluarga Greysia dan Keke sangat dekat. 

Baca juga: Mengintip Fasilitas Rumah Mewah di PIK 2 yang Jadi Bonus Buat Greysia Polii/Apriyani Rahayu

BERITA REKOMENDASI

Saking dekatnya, Ayah Keke bahkan sudah menganggap Greysia sebagai anak sendiri.

"Waktu itu kami besar di Manado. Saya bersyukur bisa bertemu keluarga Deyana Lomban, karena di sini adalah awal mula di mana saya main bulutangkis," tutur Greysia.

"Karena keluarga mereka keluarga bulutangkis, dan keluarga saya bukan," imbuh wanita kelahiran Jakarta, 11 Agustus 1987 tersebut.

Setelah mengenal keluarga Lomban, Greysia jadi ikut menyukai olahraga bulutangkis. 

Baca juga: BWF Beri Hak Istimewa ke Greysia Polii/Apriyani Rahayu Seusai Rebut Medali Emas Olimpiade

Greysia Polii dari Indonesia melakukan pukulan di sebelah Apriyani Rahayu dari Indonesia dalam pertandingan final bulu tangkis ganda putri melawan Jia Yifan dari China dan Chen Qingchen dari China selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo. Senin (2 Agustus 2021). (LINTAO ZHANG/POOL/ AFP)
Greysia Polii dari Indonesia melakukan pukulan di sebelah Apriyani Rahayu dari Indonesia dalam pertandingan final bulu tangkis ganda putri melawan Jia Yifan dari China dan Chen Qingchen dari China selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo. Senin (2 Agustus 2021). (LINTAO ZHANG/POOL/ AFP) (AFP/LINTAO ZHANG)

Greysia bahkan kerap menyaksikan pertandingan-pertandingan Keke semasa masih di pelatnas.

"Pada saat itu mereka (keluarga Deyana) sedang benar-benar main bulutangkis. Seperti Kak Keke kan dulu lagi ada di pelatnas, saya sering lihat dia bertanding dan latihan," ujar Greysia.

Baca juga: Pelatih PB Jaya Raya Lanny Tedjo: Pukulan Greysia Polii Sudah Komplet dari Kecil

Bagi Greysia, mengenal keluarga Lomban adalah berkah besar yang kini mengantarnya menjadi pebulutangkis kelas dunia.

"Menurut saya benih yang mereka kasih, efeknya ke dalam kehidupan saya itu luar biasa sehingga bisa sampai seperti ini. Karena itu saya berterimakasih sebesar-besarnya kepada keluarga Kak Keke dan keluarga Lomban," kata Greysia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas