Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PON Papua 2021

Kenalkan Budaya Lokal Bumi Cenderawasih, PB PON Luncurkan Aplikasi Papua Tourism dan Gerai Honai

zoom-in Kenalkan Budaya Lokal Bumi Cenderawasih, PB PON Luncurkan Aplikasi Papua Tourism dan Gerai Honai
HO/IST/PB.PON
PB PON meluncurkan aplikasi Papua Tourism dan program Gerai Honai. Peluncuran dihadiri secara langsung oleh Yunus Wonda, Ketua Harian PB PON PAPUA XX; Septinus, Koordinator Sosial Budaya PB PON PAPUA XX; Theodorus Rumbiah, Bendahara Umum PB PON PAPUA XX; dan Joko Sunaryo, Perwakilan Klaster Penyelenggara. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lusius Genik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB-PON) Bidang Sosial Budaya meluncurkan aplikasi Papua Tourism dan program Gerai Honai.

Peluncuran dua program tersebut berlangsung secara daring dan luring pada Rabu (18/8/2021).

Koordinator Sosial Budaya PB PON Papua XX, Septianus menjelaskan, aplikasi Papua Tourism dan program Gerai Honai diluncurkan untuk menyukseskan pelaksanaan PON XX Tahun 2021 Provinsi Papua.

"Tujuan dibentuknya aplikasi Papua Tourism adalah untuk mengenalkan dan mempromosikan seluruh objek wisata yang ada di 4 kluster PON XX Papua, baik itu wisata alam, wisata budaya maupun wisata sejarah bumi Cendrawasih," kata dia saat peluncuran aplikasi Papua Tourism dan Gerai Honai, Rabu (18/8/2021).

Baca juga: Pertandingan Perdana PON XX Papua Digelar 22 September di Kota Jayapura

Pengendara sepeda motor melintas di dekat maskot dan slogan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (3/8/2021). Presiden Joko Widodo memastikan PON XX Papua tetap akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pengendara sepeda motor melintas di dekat maskot dan slogan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (3/8/2021). Presiden Joko Widodo memastikan PON XX Papua tetap akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Sedangkan tujuan di balik peluncuran program Gerai Honai Papua adalah untuk mengenalkan dan memasarkan semua hasil produk budaya dari 4 cluster PON XX Papua.

"Seperti anyaman berupa tas/noken, ukiran, lukisan kulit kayu, gerabah dan kuliner lokal secara online melalui Aplikasi Papua Tourism, dan secara langsung di Gerai Honai Papua, kepada seluruh atlet, official dan tamu undangan yang akan datang ke Papua dalam pelaksanaan PON di bulan Oktober mendatang," jelas Septianus.

Sebagaimana diketahui, PON XX Papua akan berlangsung di 4 klaster yaitu di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Baca juga: Gladi Resik Opening Ceremony PON XX Papua Digelar 28 dan 30 September

Selain memperkenalkan budaya lokal di 4 klaster PON XX, aplikasi Papua Tourism dan program Gerai Honai juga digunakan untuk mempromosikan 2 wilayah buffer Papua, yaitu Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Jayawijaya.

"Selain itu kami juga mempublikasikan sosial media resmi dari Papua Tourism. Untuk instagram dapat dilihat di papua.tourism, sedangkan YouTube dan Facebook resmi menggunakan nama Papua Tourism," tutur Septianus.

Diharapkan, melalui Aplikasi Papua Tourism, program Gerai Honai Papua serta media sosial Papua Tourism, semua produk budaya yang dibuat oleh masyarakat Papua di 5 wilayah adat/budaya yang tersebar dalam 4 zona ekologi di Papua dapat diperkenalkan kepada para atlet dan tamu yang datang.

Baca juga: Sebanyak 6.496 Atlet dari Seluruh Provinsi di Indonesia Sudah Terdaftar di PON XX Papua

"Sehingga dapat menjadi sumber penghasilan dan meningkatkan ekonominya selama pelaksanaan PON."

"Dengan demikian 3 sukses dalam pelaksanaan PON XX Papua, terutama sukses Ekonomi dapat terealisasi melalui kedua program dari Bidang Sosial Budaya ini," kata Septianus.

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas