Tribun Sport

Kasal Cup Olahraga Perairan 2021 Bakal Digelar Setiap Dua Tahun

Kompetisi ini mempertandingkan berbagai jenis olahraga air, seperti selam, renang, dayung, layar, jetski dan ski air.

Penulis: Toni Bramantoro
Kasal Cup Olahraga Perairan 2021 Bakal Digelar Setiap Dua Tahun
Dok. pribadi
Fransisca Onaria (paling kanan) pemenang ketiga 1K infitable Executive 50+12 "6" up Women Kasal Cup Olahraga Perairan 2021 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kompetisi ini mempertandingkan berbagai jenis olahraga air, seperti selam, renang, dayung, layar, jetski dan ski air.

Terdapat dua cabang olahraga eksebisi yang dipertandingkan dalam Kasal Cup Olahraga Perairan 2021, yakni stand up paddle dan kayak.

Rico Arnaldo dari Maliko Stand Up Paddle Indonesia mengatakan, Kasal Cup merupakan event dua tahunan yang besar dan diikuti hampir seluruh cabang olahraga perairan. 

"Stand Up Paddle dan kayak baru menjadi eksebisi, dua tahun ke depan akan menjadi permanen," ujar Rico, Minggu (28/11).

Menurut Rico, pihaknya lebih mengedepankan cabang stand up paddle race yang sedang booming belakangan ini.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana Yudo Margono mengatakan, acara rutinan ini sempat vakum selama dua tahun lamanya imbas pandemi Covid-19.

“Sudah vakum dua tahun tidak kita laksanakan, baru kita laksanakan kembali di tahun 2021 ini,” kata Yudo saat membuka acaranya di Pantai Ancol, kemarin.

Sementara Stand Up Paddle sendiri, merupakan cabang olahraga eksibisi dengan kayak yang baru dipertandingkan untuk pertama kalinya.

“Kegiatan ini diikuti oleh 2.033 atlet dari TNI-Polri maupun berbagai atlet dari seluruh daerah di Indonesia. Yang kemarin ikut PON juga ada yang ikut,” jelasnya.

Yudo berharap Kasal Cup 2021 dapat mencetak bibit-bibit baru atlet Indonesia yang bisa meraih prestasi dalam bidang olahraga perairan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas