Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Rampung Jalani Tes Kesehatan, Anthony Ginting Cs Siap Genjot Latihan di Pelatnas

Atlet Pelatnas PBSI kembali latihan dan Dokter Grace memantau sembari melakukan tes kesehatan sebagai pembaharuan data kesehatan para atlet.

Penulis: Niken Thalia
Editor: Drajat Sugiri
zoom-in Rampung Jalani Tes Kesehatan, Anthony Ginting Cs Siap Genjot Latihan di Pelatnas
Tribunnews/JEPRIMA
Tunggal Indonesia Anthony Sinisuka Ginting berhasi keluar sebagai juara Indonesia Masters 2020 setelah memenangkan pertandingan melawan wakil Denmar Viktor Antonsen, di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (19/1/2020). Anthony Sinisuka Ginting menang melawan Viktor Antonsen melalui rubber game dengan skor 17-21, 21-15, 21-9. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM -Anthony Ginting cs hadir di Pelatnas PBSI Cipayung, Rabu (19/1/2022).

Kedatangan para atlet bulutangkis ini ditujukan untuk mengikuti rangkaian tes kesehatan usai dipulangkan dari klubnya masing-masing.

Mengutip dari Instagram badminton.ina, selain Anthony Ginting, Kevin Sanjaya pun kembali hadir dalam rangkaian kegiatan ini

Atlet pelatnas lain dari ganda putri seperti, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu pun turut serta. Selain itu, ditambah dengan atlet junior yang lolos seleknas PBSI 2022 pun turut hadir.

Baca juga: Update Ranking BWF Sektor Tunggal Putra: Ginting & Jojo Tetap, Loh Kean Yew Melesat Tujuh Tingkat

Baca juga: Sorotan Kejuaraan Dunia BWF 2021: Tantangan Greysia/Apriyani Cetak Sejarah Bagi Indonesia

Penjelasan Dokter Grace mengenai perubahan pada masa otot dan lemak yang dialami para atlet bulutangkis. Hal tersebut merupakan hal wajar karena para atlet selesai dari liburan, Kamis (20/1/2022)
Penjelasan Dokter Grace mengenai perubahan pada masa otot dan lemak yang dialami para atlet bulutangkis. Hal tersebut merupakan hal wajar karena para atlet selesai dari liburan, Kamis (20/1/2022) (Instagram @badminton.ina Verified)

Kedatangan para atlet pun diawali dengan melakukan tes kesehatan secara berkala oleh dokter PBSI, Grace.

Tes kesehatan tersebut melalui beberapa pemeriksaan seperti, pemeriksaan laboratorium, tanda-tanda vital, tinggi dan berat badan, rontgen, gizi, dan lain-lain.

Grace selaku dokter PBSI pun menyatakan bahwa kembalinya atlet Pelatnas ini diiringi dengan beragam pemeriksaan guna mendapatkan pembaharuan data kesehatan.

BERITA REKOMENDASI

Grace pun menyatakan bahwa waktu ideal untuk memperbarui data kesehatan para atlet ini umumnya enam hingga satu tahun sekali.

"Idealnya itu memang data atlet eksisting harus diperbarui setiap enam bulan atau satu tahun sekali," kata Grace.

Mengingat sudah bergantinya tahun, maka dengan kembalinya para atlet, hal pertama yang dilakukan oleh Grace adalah melakukan pembaharuan data kesehatan. Karena, data terakhir yang didapat yakni tahun lalu.

Seiring dengan berjalannya proses pemeriksaan, Grace akan terus memantau perkembangan para atlet.

Grace pun menjelaskan bahwa suatu hal yang wajar untuk melakukan tes kesehatan pada awal kembalinya para atlet Pelatnas. Hal tersebut pun terkait dengan adanya kesehatan fisik dan medis, serta masalah cedera.

"Ini hanya tes berkala sekaligus skrining untuk kesehatan baik secara fisik maupun secara medis, juga untuk preventif cedera dan masalah lainnya," kata Grace.

Pebulu tangkis Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengembalikan shuttlecock ke pemain China Lu Guang Zu (Unseen) saat pertandingan tunggal putra pada final beregu putra Piala Thomas antara China dan Indonesia di Aarhus, Denmark, pada 17 Oktober 2021.
Pebulu tangkis Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengembalikan shuttlecock ke pemain China Lu Guang Zu (Unseen) saat pertandingan tunggal putra pada final beregu putra Piala Thomas antara China dan Indonesia di Aarhus, Denmark, pada 17 Oktober 2021. (Claus Fisker / Ritzau Scanpix / AFP)

Di Pelatnas PBSI 2022 pun terdapat atlet junior yang baru saja lolos seleknas PBSI 2022. Grace menjelaskan bahwa untuk atlet baru pun diperlukan rekam medisnya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas