Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Jelang MotoGP Mandalika 2022, Fasilitas Tambahan di Area Sirkuit Siap Digunakan

Fasilitas tambahan siap digunakan itu terdiri dari beautifikasi modular pit building, tambahan fasilitas paddock yang terdiri dari 203 modul

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Jelang MotoGP Mandalika 2022, Fasilitas Tambahan di Area Sirkuit Siap Digunakan
HO/ISTIMEWA/WartaKota
Berbagai fasilitas tambahan di Sirkuit Mandalika sudah siap untuk MotoGP 2022. 

Jelang MotoGP Mandalika 2022, Fasilitas Tambahan di Sirkuit Siap Digunakan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah fasilitas tambahan di Sirkuit Mandalika dinyatakan siap digunakan menjelang galaran MotoGP 2022 yang akan berlangsung di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18 Maret hingga 20 Maret 2022.

Fasilitas tambahan yang dibangun dan siap digunakan itu terdiri dari beautifikasi modular pit building, tambahan fasilitas paddock yang terdiri dari 203 modul dengan peruntukan penyediaan ruang tim Office, perluasan Tv compound, ruang Paddock General Office (PGO), kitchen, healthcare & eticket yang telah dimulai pada 17 Januari 2022 dan selesai pengerjaan pada 1 maret 2022.

Baca juga: Sebanyak 60 Ribu Tiket MotoGP Mandalika 2022 Habis Terjual, Ini Kata Presiden Jokowi

Suasana lintasan Sirkuit Mandalika, pada Minggu (13/2/2022) siang WIB.
Suasana lintasan Sirkuit Mandalika, pada Minggu (13/2/2022) siang WIB. (TRIBUNNEWS.COM/Dwi Setiawan)

Baca juga: Soal Kuliner Indonesia, Pebalap MotoGP Marc Marquez-Pol Espargaro Ternyata Suka Nasi Goreng

Dilkutip dari Warta Kota, pembangunan fasilitas tambahan itu dilakukan oleh PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) setelah sebelumnya rampung membangun Modular PIT Building untuk ajang World Super Bike pada tahun 2021.

Hal itu diungkapkan sebelumnya oleh Direktur Teknik dan Operasional Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Samsul Purba.

"Gedung, bangunan dan berbagai fasilitas ini akan dijadikan kantor Dorna, kantor media, gudang motor & spare-parts dan tentunya pit untuk berbagai team yang akan hadir mengikuti ajang tersebut," katanya dilansir Warta Kota.

Baca juga: Berita Foto : Kehebohan Parade Motor Pebalap MotoGP

Pada ajang World Superbike sebelumnya, Sirkuit Pertamina Mandalika Street Circuit, Lombok telah dilengkapi dengan Modular Medical Center Mandalika dan Modular Pit Building yang dibangun oleh WEGE sebagai fasilitas pembalap dan official team yang berlaga.

BERITA TERKAIT

Modular Pit Building sepanjang 350 meter dengan kapasitas 50 garasi dibangun dengan sistem modular yang terdiri dari tiga lantai, masing-masing garasi memiliki lebar 5,24 meter dengan panjang 18,34 meter dan dibangun dengan luas bangunan ± 13.700 meter persegi.

Modular Pit Building ini terdiri dari tiga lantai. Lantai dasar merupakan garasi yang digunakan para pebalap dan teknisi tim, sedangkan lantai dua merupakan area podium, tribun penonton VVIP dan media center. Sedangkan lantai tiga Pit Building khusus untuk fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.

Dalam 21 hari, Modular Pit Building ini dapat berdiri dan siap mendukung Event Internasional World Superbike.

Baca juga: Sarapan Bareng Jokowi, Marc Marquez Cs akan Disuguhi Wedang Jahe

Karena kecepatan pengerjaan tersebut, WEGE mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas Pembangunan Gedung Pit Sistem Modular Tercepat di Sirkuit Bertaraf International.

Tidak berjauhan dari Sirkuit Mandalika, sudah berdiri pula satu-satunya hotel bintang 5 penunjang Pertamina Mandalika International Sirkuit yang dibangun WEGE.

Di proyek ini, WEGE mengerjakan pekerjaan Struktur Arsitektur dan Plumbing dan telah selesai dikerjakan dan siap digunakan secara maksimal untuk menunjang kegiatan MotoGP 2022.

Pullman Mandalika milik ITDC ini merupakan hotel dengan standar bintang lima, yang dibangun di atas lahan seluas 45.000 meter persegi. Hotel ini memiliki 257 kamar, terdiri dari 27 vila dan 230 kamar, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti ruang rapat, restoran, kolam renang, pool bar, gym & spa, serta sarana ibadah.

Pullman Mandalika terletak di zona barat kawasan di dekat West Gate, Kuta Beach Park, The Mandalika. Hotel ini menyajikan pemandangan dan akses ke pantai.

Menteri BUMN Erick Tohir dalam kunjungan kerjanya ke Kawasan Mandalika (11/3), dalam rangka memastikan kesiapan The mandalika dalam menyambut event MotoGP mengapresiasi pihak-pihak yang telah membatu mensukseskan event ini.

“Terima kasih untuk animo masyarakat lokal baik secara individu, korporasi dan komunitas yang telah turut membantu dalam menyediakan akomodasi serta pendukung lainnya,” ungkapnya di sela-sela kunjungan. (ote/wk/*)

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Fasilitas Tambahan di Sirkuit Mandalika Telah Siap Digunakan dalam Gelaran MotoGP 2022

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas