Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Kapolri Ungkap Soal Manfaatkan Wilayah Pemandangan Indah jadi Trek Sepeda: Bisa Kembangkan UMKM

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mencuatkan usul agar pemerintah dapat memanfaatkan kawasan atau wilayah yang memiliki pemandangan

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Kapolri Ungkap Soal Manfaatkan Wilayah Pemandangan Indah jadi Trek Sepeda: Bisa Kembangkan UMKM
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (depan) saat acara Parade Kemenangan atlet sepeda Indonesia dalam kancah Sea Games Vietnam di Plataran Taman Kota Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (29/5/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mencuatkan usul agar pemerintah dapat memanfaatkan kawasan atau wilayah yang memiliki pemandangan indah untuk dijadikan rute atau trek bersepeda.

Sigit yang juga merupakan Ketua Umum PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) menyebut, dengan rencananya itu diyakini bisa menciptakan satu sarana wisata baru yang pastinya berada di beberapa wilayah.




"Bahwa kita memiliki wilayah-wilayah yang indah dan tentunya kalau ini kemudian dikembangan menjadi satu rute sepeda akan menumbuhkan wilayah-wilayah wisata baru," kata Sigit saat acara Parade Kemenangan atlet sepeda Indonesia dalam kancah Sea Games Vietnam di Plataran Taman Kota Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (29/5/2022).

Lebih jauh, mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri itu meyakini, dampak yang nantinya bisa didapatkan salah satunya yakni perkembangan ekonomi.

Sebab kata dia, rencananya itu bisa menjadi daya tarik untuk mendatangkan investasi terlebih dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Dan ini juga mungkin bisa menarik investasi begitu juga dengan komunitas sepeda kita luar biasa besarnya, maka terkait dengan sepeda-sepeda itu dan akan menciptakan UMKM-UMKM baru yang tentunya bermanfaat untuk kita semua," tukas Sigit.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang juga merupakan Ketua Umum PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) mengungkapkan harapan untuk para atlet sepeda mendatang.

Sigit menyatakan, kedepannya atlet sepeda Indonesia khususnya binaan PB ISSI bisa eksis di kancah internasional dalam hal ini Asian Games bahkan Olimpiade.

Baca juga: Listyo Sigit Prabowo Pimpin Kegiatan Parade Bersama Tim Sepeda Indonesia SEA Games Vietnam

"Pertama tentunya memang ada beberapa event internasional yang akan kita hadapi baik di level regional kemudian nanti tentunya harapan tertinggi kita ada di Asian games dan olimpiade," kata Sigit dalam acara penyambutan atlet sepeda yang berjuang di Sea Games Vietnam, di Plataran Taman Kota Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (29/5/2022).

Target yang dicanangkan tersebut, lantas kata Sigit akan menjadi pekerjaan rumah dari seluruh stakeholder termasuk komunitas sepeda.

Tak jauh harapan yang diimpikan oleh Sigit, dirinya hanya berkeinginan kalau atlet sepeda tanah air bisa berbuat lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

"Tentunya seberapa kita bisa meraih medali, meraih kemenangan tentunya ini yang kita akan terus dorong kita akan kerjakan atlet-atlet kita sehingga capaian itu tidak hanya impian tapi bagaimana kemudian itu bisa kita wujudkan," ucap Sigit.

Untuk mewujudkan impian tersebut juga kata Kapolri Sigit, dirasa perlu dukungan dari masyarakat secara luas hingga komunitas sepeda.

Baca juga: Jenderal Listyo Sigit Prabowo Berharap PB ISSI Berjaya di Asian Games hingga Olimpiade

"Dalam bentuk rekan-rekan bisa betul-betul mengibarkan merah putih di dunia internasional dan ini tentunya butuh dukungan butuh support dari seluruh komunitas dari seluruh masyarakat dan saya yakin kita semua mampu," tukas Sigit.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas