Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Wakil Indonesia Gagal Total di Indonesia Open 2022, Ini Penyebabnya Kata Rionny Mainaky

di Indonesia Open, pebulutangkis Indonesia tak mampu tembus babak semifinal, praktis tak ada wakil merah putih jadi juara di Indonesia Open 2022 ini.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Wakil Indonesia Gagal Total di Indonesia Open 2022, Ini Penyebabnya Kata Rionny Mainaky
Tribunnews/Abdul Majid
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Rionny Mainaky saat memaparkan evaluasi para pebulutangkis Indonesia yang tampil di Indonesia Masters dan Open 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (18/6/2022). 

Wakil Indonesia Gagal Total di Indonesia Open 2022, Ini Penyebabnya Kata Rionny Mainaky

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – para pebulutangkis wakil Indonesia gagal total di gelaran Indonesia Open 2022.

Tak ada satu pun wakil Indonesia yang mampu melangkah ke babak semifinal Indonesia Open 2022.

Dengan begitu, Indonesia dipastikan tanpa gelar sama sekali pada babak Final Indonesia Open 2022.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Rionny Mainaky menilai penampilan anak asuhnya pada gelaran Indonesia Masters dan Open 2022 belum memenuhi target.

Baca juga: Indonesia Open 2022, Axelsen Banting Raket Saat Frustasi Nyaris Kena Comeback di Semifinal

Pasangan pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Fajar Alfian (bawah) dan Muhammad Rian Ardianto melakukan selebrasi usai mengalahkan pasangan pebulu tangkis China, Liang Wei Keng dan Wang Chan pada babak final Indonesia Masters di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (12/6/2022). Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil keluar sebagai juara ganda putra Indonesia Masters setelah menang atas Liang Wei Keng/Wang Chan dalam dua gim langsung dengan skor 21-10 dan 21-17. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pasangan pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Fajar Alfian (bawah) dan Muhammad Rian Ardianto melakukan selebrasi usai mengalahkan pasangan pebulu tangkis China, Liang Wei Keng dan Wang Chan pada babak final Indonesia Masters di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (12/6/2022). Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil keluar sebagai juara ganda putra Indonesia Masters setelah menang atas Liang Wei Keng/Wang Chan dalam dua gim langsung dengan skor 21-10 dan 21-17. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Baca juga: Hasil Indonesia Open 2022, Kalahkan Chen Yu Fei di Semifinal, Tai Tzu Ying Ungkap Rahasia Comeback

Pada ajang Indonesia Masters, Indonesia hanya mendapatkan satu juara, Fajar/Rian dan satu runner-up, Apriyani/Fadia.

BERITA REKOMENDASI

Sementara di Indonesia Open, pebulutangkis Indonesia tak mampu tembus ke babak semifinal, praktis tak ada juara di Indonesia Open 2022 ini.

“Untuk melihat hasil yang kemarin di Masters ada final dan juara. Keseluruhannya sampai hari ini bisa dibilang kami gagal ya. Bukan kecewa tapi hasil itu yang harus kami terima,” kata Rionny di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (18/6/2022).

Baca juga: Indonesia Open 2022, Perjuangan Yeremia Dapat Salut Ganda Malaysia, Pelatih Lawan Sampai Menangis

Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, tergeletak di lapangan karena mengalami cedera saat bertanding di babak perempatfinal Indonesia Open 2022 di Istora Senayan, Jakarta, 17 Juni 2022.
Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, tergeletak di lapangan karena mengalami cedera saat bertanding di babak perempatfinal Indonesia Open 2022 di Istora Senayan, Jakarta, 17 Juni 2022. (dok. PBSI)

Baca juga: Hasil Indonesia Open 2022, The Minions Tumbang, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae Bermodal Video

“Kami tidak bisa cari alasan tapi dari pemain dan pelatih memang kelelahan. Seperti Fajar yang fokusnya agak tidak stabil dan buat banyak kesalahan di akhir-akhir. Apriyani memang yang paling tinggi dengan Fajar. Mereka kelelahan,” jelasnya.

Dari hasil ini, Rionny bersama pelatih lainnya bakak mengevaluasi masing-masing kinerja pemain.

Ia pun berharap pada kejuaraan Malaysia Masters, Malaysia Open dan Singapura Open yang dihelat setelah ini, para pemain sudah punya persiapan yang lebih baik.

Baca juga: Pramudya/Yeremia Tumbang, Para Penonton Serbu Booth Makanan dan Minuman Seusai Laga

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting memberikan saat melawan tunggal putra Denmark Hans Kristian Solberg Vittinghus dalam babak 16 besar Indonesia Open 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2022). Ginting lolos ke perempat final setelah menang 21-17 dan 21-9. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting memberikan saat melawan tunggal putra Denmark Hans Kristian Solberg Vittinghus dalam babak 16 besar Indonesia Open 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2022). Ginting lolos ke perempat final setelah menang 21-17 dan 21-9. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

“Kita sudah berjuang mati-matian tapi memang masih ada kekurangan. Kami bisa lihat Ginting yang mengubah permainan habis-habisan sampai gim ketiga meski ada kesalahan. Saya sudah bicara dengan Ginting dan dia siap evaluasi,” terang Rionny.

“Kami harus segera siap-siap karena tahun depan udah persiapan Olimpiade, seperti itu yang harus jeli lagi untuk kejuaraan minggu depan,” pungkasnya.

Kejuaraan Malaysia Open diadakan pada 28 Juni 2022, kemudian dilanjutkan Malaysia Masters pada 5 Juli 2022 dan tak berselang lama giliran Singapura Open diadakan pada 12 Juli 2022.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas