Tribun Sport

KONI Pusat Melakukan Kerjasama Dengan Labosport Untuk Ini Kata Marciano Norman

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat tampaknya makin gencar untuk meningkatkan kualitas olahraga di tanah air.

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in KONI Pusat Melakukan Kerjasama Dengan Labosport Untuk Ini Kata Marciano Norman
Tribunnews.com/Alfarizy AF
Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman bilang KONI Pusat bekerja sama dengan Labosport untuk kepentingan peningkatan kualitas pembinaan prestasi olahraga 

Laporan wartawan Tribunnews, Alfarizy AF

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat tampaknya makin gencar untuk meningkatkan kualitas olahraga di tanah air.

Tepat hari ini, KONI Pusat telah melakukan perjanjian kerja dengan konsultan sarana dan prasarana bidang olahraga kenamaan, Labosport, Jumat (24/6/2022).

Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman mengatakan, olahraga nasional dapat menjadi lebih baik apabila sarana dan prasarana yang digunakan memadai dan sudah berstandar nasional maupun internasional.

Tanpa mengesampingkan pembinaan prestasi olahraga, KONI Pusat juga menilai perlu untuk melakukan langkah awal sebagai penunjang keberhasilan.

Dengan adanya lembaga independen yang melakuka sertifikasi dan memberi arahan terhadap sarana dan prasarana olahraga di Indonesia, Marciano berharap olahraga di Indonesia akan semakin baik.

"Kita memandang perlu bahwa KONI Pusat bekerja sama dengan Labosport untuk kepentingan peningkatan kualitas pembinaan prestasi olahraga melalui penyiapan sarana dan prasana yang bersertifikat nasional dan internasional,"kata Marciano.

Marciano berharap, bersamaan dengan peningkatan sarana dan prasarana olahraga tersebut diikuti dengan kemajuan industri olahraga nasional.

Pria kelahiran Banjarmasin itu pun mengimbau para pengusaha di bidang sarana dan prasarana olahraga untuk dapat meningkatkan kualitasnya.

Dengan demikian, pengusaha di bidang industri olahraga dapat turut andil dalam langkah kemajuan olahraga di tanah air.

"Masalah sarana dan prasarana yang menggunakan local content atau menggunakan bahan yang berasal dari Indonesia, dalam pembutan venue harus lebih besar. Sehingga dalam menuju kemandirian olahraga nasional khususnya industri olahraga itu juga kita berkepentingan," ujar Marciano.

"Hal itu supaya pengusaha-pengusaha yang membangun sarana dan prasarana itu merasa terbantu, disitu mereka bisa berhubungan dengan KONI Pusat, dan kita menjembatani Labosport untuk periksa," lanjutnya.

KONI Pusat berharap, dengan adanya kerjasama dengan Labosport, olahraga nasional akan kembali menggeliat. Terlebih dalam waktu dekat Indonesia akan menjadi tuan rumah dari beberapa kejuaraan seperti FIBA Asia Cup dan Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

"PSSI dalam waktu dekat akan menyelenggarakan kejuaran sepk bola dunia. Labosport ini salah satu yang mendapat pengakuan dari FIFA untuk melakukan sertifikasi stadion-stadion yang akan digunakan kejuaraan dunia,"kata Marciano.

Menanggapi hal tersebut, Deputi Sekjen Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Dessy Arfianto yang juga turut hadir dalam acara KONI Pusat dan Labosport itu mengaku siap mendukung perjanjian itu 

"Kami sangat senang, mendukung apa yang telah dilakukan oleh KONI untuk melakukan kerja sama dengan Labosport. Dengan dukungan terkait jika sarana dan prasarana meningkat, tentu akan meningkatkan prestasi olahraga,"ujar Dessy Arfianto. (M39)

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas