Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

FIBA Asia Cup 2022: Panpel Konfirmasi Kapasitas Penonton

Junas Miradiarysah memastikan kapasitas penonton yang dapat hadir pada kejuaraan basket level Asia tersebut.

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in FIBA  Asia Cup 2022: Panpel Konfirmasi Kapasitas Penonton
TRIBUNNEWS.COM/IST
Junas Miradiarsyah (paling kiri) 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Alfarizy AF

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Penyelenggara FIBA Asia Cup 2022, Junas Miradiarysah memastikan kapasitas penonton yang dapat hadir pada kejuaraan basket level Asia tersebut.

Junas Miradiarysah mengatakan, Istora Senayan yang digunakan sebagai venue pada FIBA Asia Cup mendatang berkapasitas sekira 7.500 penonton.




Kapasitas tersebut belum dipangkas dengan area media dan penyiaran maupun area kerja untuk penyelenggaraan turnamen tersebut.

"kapasitas 100 persen kan 7.500, tapi kan dipotong oleh area broadcast, area media, area kerja dan sebagainya itu dipotong sekitar 2.000-an jadi yang dipakai itu 5.000, nah 5.000 itu kan 70 persen dari totalnya, itulah yang diberikan," ungkap Junas saat ditemui usai rapat koordinasi dengan Kementerian dan Lembaga terkait FIBA Asia Cup 2022, Senin (27/8/2022).

Secara keseluruhan, Junas mengatakan persiapan dari panitia penyelenggara sudah mencapai sekira 80-90 persen.

Terdekat, Istora Senayan akan digunakan untuk pertandingan pada tanggal 1-4 Juli mendatang.

BERITA TERKAIT

"Secara keseluruhan sudah 80 sampai 90 persen, dari FIBA sudah tidak ada komplen lagi. Ada laga tanggal 1 dan 4 Juli itu jadi tes event, jadi yang dilakukan di tanggal 12 Juli nanti (tip-off FIBA) akan kami coba di tanggal 1 dan 4 Juli. Tanggal 1 lawan Arab Saudi, tanggal 4 lawan Yordania, keduanya diselenggarakan pukul 19.30,"ujar Junas.

"Mereka yang akan dihadapi Indonesia di FIBA Asia, dua laga itu kan masuk window tiga Kualifikasi FIBA World Cup 2023, itu bagian dari kualifikasi selanjutnya, dan kini, Indonesia kebagian dari tuan rumah,"katanya.

"FIBA Asia Cup tanggal 12, dua laga itu akan jadi uji coba kita, yang tanggal 1 dan 4,"ujarnya lebih lanjut.

Junas pun membeberkan persiapan yang belum dibereskan oleh panitia penyelenggara. Ia mengatakan 10 persen yang belum terealisasikan merupak hal-hal teknis.

"Tinggal teknis-teknis aja sih, misalnya gini, hari ini di Istora sudah dibangun tenda besar screening untuk penonton satu, tenda screening buat penonton dua, lightning dan sebagainya udah masuk, lapangan yang di Asian Games itu yang kita pake, karpetnya sama juga, secara konstruksi besar sudah siap,"ujar Junas.

Sementara itu, arena yang dipakai dalam penyelidikan FIBA Asia Cup 2022 terdapat tiga lapangan yang telah dipersiapkan.

"Istora untuk pertandingan, untuk latihan GBK Arena dan Hall Basket, pertandingan semua akan di Istora dari pagi sampai malam,"ujar Junas. (M39)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas