Tribun Sport

PB WI Bentuk Tim Satgas Untuk Raih Sukses Prestasi di Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022

PB WI sangat serius dalam menghadapi Kejuaraan Dunia Wushu Junior ke-VIII yang akan digelar di ICE Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten

Penulis: Toni Bramantoro
zoom-in PB WI Bentuk Tim Satgas Untuk Raih Sukses Prestasi di Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022
Dok. PB WI
PB WI Bentuk Tim Satgas Untuk Raih Sukses Prestasi di Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) pimpinan Airlangga Hartarto sangat serius dalam menghadapi Kejuaraan Dunia Wushu Junior ke-VIII yang akan digelar di ICE Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten, 5-11 Desember 2022.

Bukan hanya sukses penyelenggaraan tetapi sukses prestasi juga harus dicapai Tim Nasional (Timnas) Wushu Junior Indonesia.

Khusus untuk mencapai target 4 medali emas pada Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 ke-VIII ini, PB WI membentuk Tim Satgas (Satuan Tugas) yang beranggotakan 3 personil. Yakni, Herman Wijaya (Kabid Binpres Taolu PB WI), Sudarsono (Kabid Binpres Sanda PB WI), dan Henny Setyowati (PB WI).

Herman Wijaya yang ditemui di GBK Arena Senayan Jakarta, Kamis (3/11/2022), mengatakan, Tim Satgas punya tiga tugas pokok dalam meraih sukses prestasi.

"Pertama, Tim Satgas dibentuk untuk memastikan program pelatnas junior berjalan dengan baik. Kedua, memastikan seluruh kebutuhan atlet pelatnas terpenuhi baik itu peralatan latihan maupun pertandingan. Dan, ketiga merupakan tugas yang paling berat yakni memastikan atlet pelatnas yang terpilih memperkuat Timnas Wushu Junior bisa menghasilkan medali pada Kejuraan Dunià Wushu Junior 2022 nanti," ungkap Herman Wijaya.

Saat ini, kata Herman Wijaya, pelatnas junior diikuti 33 atlet taolu terdiri dari 17 putra dan 16 putri dan 16 atlet sanda terdiri dari 12 putra dan 4 putri. Mereka merupakan atlet terbaik yang dijaring dari hasil Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu di Surabaya, Jawa Timur, Tahun 2022.
"Dari 33 atlet wushu Taolu itu akan dipilih 6 putra dan 6 putri. Mereka yang dipilih memperkuat pasukan Garuda Muda itu yang dianggap berpeluang meraih medali di Kejuaran Dunia Wushu Junior 2022," kata Herman Wijaya yang juga pemilik Sasana Rajawali Sakti Jakarta.

"Di Sanda terdapat 16 atlet dan akan dipilih 11 atlet terdiri dari 3 atet putri dan 8 atlet putra terbaik yang akan memperkuat Timnas Wushu Indonesia," kata Pelatih Sanda Timnas Wushu Indonesia, Mohammad Selamet.

Ketika disinggung masalah lawan yang dihadapi, Herman Wijaya menjawab,"Di Taolu itu persaingan sangat ketat apalagi pesertanya cukup banyak. Saingan terberat itu datang dari atlet wushu asal Malaysia, Vietnam, China, Korea, Amerika Serikat dan Rusia."

"Peta kekuatan di Sanda itu dikuasai China dan Iran. Mudah-mudahan kita bisa memberikan yang terbaik," timpal Mohammad Selamet.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022, Gunawan Tjokro mengatakan, hingga saat ini sudah tercatat 72 negara yang mendaftar.

"Kita belum bisa memastikan berapa jumlah atlet yang akan tampil di Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 nanti. Dari data yang diterima dari IWUF sudah tercatat 72 negara yang mendaftar," katanya.

Menurut Gunawan Tjokro, jumlah negara yang tampil di Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 merupakan yang terbesar.

"Selama ini hanya sekitar 40 negara yang ikut. Di, Kejuaraan Dunia Wushu Junior ke-VIII ini tercatat menjadi negara paling banyak. Dan, China juga akan menurunkan atletnya," tegas Ketua Pengprov WI DKI Jakarta ini.


Skuad Timnas Wushu Nasional Junior
Chef de Mission: Doddy Rahadi
Tim Satgas:
1. Herman Wijaya (DKI Jakarta)
2. Sudarsono (Jawa Tengah)
3. Henny Setyawati (Jawa Tengah)
Pelatih Taolu :
1. Zhang Yong Sheng (China)
2. David Hendrawan (DKI Jakarta)
3. Billy Erdianto (Jawa Tengah)
4. Probo Muljono (Jawa Timur)
Pelatih Sanda :
1. Xia Hong (China)
2. Hermansyah Mongisidi (Jawa Tengah)
2. Mohammad Selamat (Jawa Tengah)
3. Hotma Dearma Purba (Sumatera Utara)

Atlet Taolu
Junior A Putra:
1. Arya Gita Santoso (DKI Jakarta)
2. Lawrence Dean Kurnia (DKI Jakarta)
3. Josh Tiesto Tanto (DKI Jakarta0
4. Keane McLaren Lee (DKI Jakarta)
5. Kenneth Christovani Wijaya (DKI Jakarta)
6. Nabil Fa'i Salman Al Farizi (Jawa Timur)
7. Rainner Renady Ferdiansyah (Jawa Barat)

Junior A Putri:
8. Ivana Beatrice Liesto (DKI Jakarta)
9. Koleta Mikaella Sandrina Prasetyo (Jawa Timur)
10. Kyle Suyoto Kwok (DKI Jakarta)
11. Allysa Amalia (DKI Jakarta)
12. Aqila Ghaida Fuaizah (Jawa Timur)
13. Salwa Dhana Azalia (DKI Jakarta)
14. Angelica Calista Putri Julianto (Jawa Tengah)

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas