Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Kepastian Piala AFF Hingga Konser BLACKPINK di SUGBK Kini Ada di Tangan FIFA

Direktur Utama Pusat Pengelola Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK), Rakhmadi Afif Kusumo siang ini menemui Menpora Zainudin Amali di Kemenpora, Senayan

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Kepastian Piala AFF Hingga Konser BLACKPINK di SUGBK Kini Ada di Tangan FIFA
tribunnews.com/majid
Direktur Utama Pusat Pengelola Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK), Rakhmadi Afif Kusumo saat diwawancarai usai menemui Menpora Zainudin Amali di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (9/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Direktur Utama Pusat Pengelola Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK), Rakhmadi Afif Kusumo siang tadi menemui Menpora Zainudin Amali di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (9/11/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Rakhmadi mengatakan pihaknya hanya ingin berkoordinasi dengan Menpora Amali terkait gelaran Piala Dunia U-2022 yang akan menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

“Saya baru saja bertemu dengan Menpora, Pak Zainudin Amali, pertemuan ini merupakan koordinasi persiapan-persiapan yang kami lakukan di GBK khususnya untuk Piala Dunia,” kata Rakhmadi seusai pertemuan dengan Menpora Amali.

Hasil pertemuan tersebut pihak PPKGBK diminta menunggu langsung arahan dari FIFA terkait boleh atau tidaknya penggunaan SUGBK oleh acara lain sebelum gelaran FIFA World Cup U-20 yang dihelat 20 Mei – 11 Juni 2023.

“Hasil pertemuan kali ini kami mendapatkan arahan untuk kami mengonfirmasi dan bekerjasama lebih erat terutama bersama FIFA nantinya. Bagaimana FIFA nanti akan menginspeksi lapangan-lapangan GBK. Mereka akan lihat langsung, memeriksa dan kami akan meminta kepastian seperti apa baiknya kami bergerak kedepan,” ujar Rakhmadi.

“Nah, arahan dari Pak Menpora kami juga harus memastikan lebih dahulu hal tersebut sehingga kami dalam posisi menunggu dan juga mempersiapkan yang terbaik seperti apa,” jelasnya.

BERITA TERKAIT

Hadirnya FIFA untuk melihat langsung kondisi SUGBK juga sekaligus bisa memutuskan apakah SUGBK bisa dipakai untuk gelaran Piala AFF yang bergulir pada 20 Desember mendatang.

Pun dengan dua gelaran konser yang akan diadakan di SUGBK yakni konser Raisa pada 25 Februari 2023 dan konser BLACKPINK 11-12 Maret 2023.

Seperti diketahui, sebelumnya Menpora Zainudin Amali menegaskan bahwa SUGBK dilarang digunakan enam bulan sebelum gelaran Piala Dunia U-20 untuk menjaga kualitas Stadion.

Bahkan, Menpora juga mengatakan Piala AFF 2022 hingga konser BLACKPINK juga tidak boleh diadakan di SUGBK.

Padahal dalam regulasi FIFA sendiri, Stadion boleh digunakan minimal 14 hari sebelum pertandingan dimulai.

“Itu juga secara kepastiannya (Piala AFF) kami juga masih menunggu, yang pasti kami di GBK belum bisa menjawab iya dan belumnya. Kami menunggu secara tertulis FIFA seperti apa memperbolehkan atau tidak,” kata Rakhmadi

“Kami juga akan cek kembali karena saya bicara juga dengan Pak Menpora, itu (enam bulan tidak boleh dipakai-red) ingin memberikan jaminan bahwa seluruh Stadion itu secure,”

“Semua tergantung FIFA kalau Piala Dunia yang lain-lainnya juga menjadi satu kesatuan, kan dari AFF juga ke FIFA. FIFA ini kan saya melihat organisasi terbesar untuk bola dan kami diberikan kepercayaan, amanah oleh FIFA dan jadi kebanggaan, kami fokuskan dulu yang utamanya yaitu FIFA U-20 nanti kalau itu sudah clear dan kami harap ada turunannya,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas