Tribun Sport

MotoGP

MotoGP 2023 - Petuah Marc Marquez kepada Mir dan Rins: Crash Dulu Baru Sukses

Marc Marquez memberikan petuah kepada dua pembalap anyar Honda, Joan Mir dan Alex Rins untuk mengarungi musim MotoGP 2023.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in MotoGP 2023 - Petuah Marc Marquez kepada Mir dan Rins: Crash Dulu Baru Sukses
Toshifumi KITAMURA / AFP
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Afrika Selatan Brad Binder (kiri) dan pembalap Spanyol Repsol Honda Marc Marquez (kanan) mengambil tendangan sudut selama balapan MotoGP Grand Prix Jepang di Mobility Resort Motegi di Motegi, prefektur Tochigi pada 25 September 2022 . 

TRIBUNNEWS.COM - Marc Marquez memberikan petuah kepada dua rider anyar Honda untuk MotoGP 2023, Joan Mir dan Alex Rins.

Jika keduanya ingin sukses bersama Honda, Marc Marquez meminta alumnus Suzuki Ecstar itu untuk terbiasa, atau bahkan akrab dengan crash.

Marc Marquez memberikan petuah demikian lantaran kuda besi Honda, RC213V tergolong motor yang sulit untuk dikendalikan.

Baca juga: Demi Gelar Juara MotoGP 2023, Marquez Minta Honda Bikin RC213V Spek Motor Ducati

Butuh 'treatment' dan skill khusus agar si oranye milik tim berlogo sayap tunggal mengepak ini mengeluarkan kemampuan terbaiknya saat melibas lintasan.

"Ada dua pendatang baru (Rins dan Mir). Satu meraih kemenangan di race terakhir (MotoGP 2022) dan satu lagi berstatus sebagai juara dunia (MotoGP 2020)," buka Marc Marquez, seperti yang dikutip dari laman MotorSport International.

"Namun ini Honda bro. Motor Honda sulit untuk dikendalikan, berkaca dari pengalaman, semua rider harus siap menderita," ujar Marc Marquez menambahkan.

Apa yang diungkapkan oleh juara dunia delapan kali ini bukan sekedar isapan jempol atau syok terapi.

Bisa dilihat sejak MotoGP 2013, tidak ada rider yang bisa benar-benar memberikan hasil maksimal kecuali Marc Marquez sejak RC213V tercipta.

Pembalap Spanyol Repsol Honda, Marc Marquez melaju melewati tikungan saat latihan bebas pertama MotoGP di Sirkuit Internasional Sepang pada 21 Oktober 2022.
Pembalap Spanyol Repsol Honda, Marc Marquez melaju melewati tikungan saat latihan bebas pertama MotoGP di Sirkuit Internasional Sepang pada 21 Oktober 2022. (MOHD RASFAN / AFP)

Jorge Lorenzo, Alex Marquez, Pol Espargaro, hingga Dani Pedrosa kesulitan untuk menemukan ritme balapan terbaiknya kala menunggangi RC213V.

Marc Marquez bahkan menyarankan kepada Joan Mir dan Alex Rins siap mental lebih dulu. Menurutnya, rider Honda jika mau sukses harus terbiasa dengan crash alias kecelakaan.

"Jika kamu ingin mengetahui sampai mana limit motor Honda, maka harus terbiasa dengan crash. Di situlah poinnya," sambung pembalap berjuluk The Baby Alien.

Marquez tak ingin menakut-nakuti 'juniornya' itu di Honda. Namun faktanya demikian, The Baby Alien tergolong pembalap yang suka mengalami insiden crash. Terlepad bagaimana agresifnya dalam mengendari kuda besi.

"Pembalap tidak boleh berkecil hati sekalipun mengalami crash berkali-kali. Dan tidak lupa, keberuntungan untuk terhindar dari cedera itu perlu," papar pemilik nomor #93 ini.

"Apa yang saya sampaikan ini riil, lihat saja statistiknya," tambah The Baby Alien.

Marquez tercatat crash 18 kali selama 12 seri yang ia ikuti musim ini (termasuk di luar balapan).

Sedangkan Pol Espargaro dan Alex Marquez, yang telah pindah pabrikan mulai musim depan, tercatat terjatuh masing-masing 21 kali.

(Tribunnews.com/Giri)

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas