Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Knalpot Baru untuk Marc Marquez di MotoGP 2023, Honda Jalin Kerjasama dengan Akrapovic

Joan Mir dan Marc Marquez mendapatkan knalpot baru untuk MotoGP 2023. Honda jalin kerjasama selama lima tahun dengan Akrapovic.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in Knalpot Baru untuk Marc Marquez di MotoGP 2023, Honda Jalin Kerjasama dengan Akrapovic
Toshifumi KITAMURA / AFP
Pembalap Tim Repsol Honda Marc Marquez mengendarai sepeda motornya saat sesi latihan MotoGP di Grand Prix Jepang di sirkuit Twin Ring Motegi di Motegi, prefektur Tochigi pada 24 September 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Berbagai cara ditempuh oleh pabrikan Honda untuk kembali bersaing di perebutan gelar juara dunia MotoGP 2023.

Salah satu cara yang ditempuh oleh tim Marc Marquez dan Joan Mir ini adalah mengganti pemasok knalpot untuk musim MotoGP 2023.

Honda mengikuti jejak tim-tim lain yang beralih menggunakan knalpot buatan Akrapovic. Langkah itu diambil agar bisa mengembangkan kemampuan kuda besi Honda tersebut.

Baca juga: Kesan Joan Mir Satu Pit dengan Marc Marquez di MotoGP 2023, Bakal Ada Plus dan Minusnya




Sekilas informasi saja, Akrapovic merupakan merek knalpot asal Slovenia yang sudah berdiri sejak tahun 1990 silam. Igor Akrapovic menjadi tokoh sentral dalam pembangunan brand knalpot Akrapovic.

Awalnya yang hanya menjadi pabrikan knalpot untuk sepeda motor, Akrapovic tahun 2010 lalu juga mengembangkan cakupannya ke knalpot mobil.

Diwartakan Decalspotters, Honda beralih dari ke knalpot Akrapovic mulai MotoGP 2023. Mereka menjalin kerjasama dengan pabrikan Slovenia ini untuk jangka waktu lima tahun.

Sebelumnya, tim berlogo sayap tunggal mengepak ini menggunakan knalpot buatan SC-Project.

BERITA TERKAIT

Namun SC-Project tak memperbarui kemitraannya dengan Honda karena mereka memilih fokus bekerja bersama Aprilia dan RNF yang dipandang lebih prospek di MotoGP 2023.

Apa yang dilakukan oleh Honda merupakan satu di antara cara untuk mengembalikan marwah tim sebagai kandidat juara MotoGP.

Maklum, dalam tiga edisi terakhir penyelenggaraan MotoGP, pabrikan asal Jepang ini mengalami degradasi prestasi yang signifikan.

Ditambah dengan cedera yang menghantam Marc Marquez, Repsol Honda khususnya, bak kehilangan arah pengembangan motornya.

RC213V, kuda besi Honda ini dipandang sebagai yang terbelakang dalam hal pengembangan jika dibandingkan dengan kompetitor.

Akrapovic sendiri bukan pemasok baru di dunia MotoGP. Ducati merupakan pelanggan lawas dari pabrikan Slovenia ini.

Dan prestasi Ducati di MotoGP 2022 sangatlah mentereng. Menyabet gelar juara dunia di berbagai kategori menjadi bukti sahih bahwa knalpot Akrapovic memiliki dampak bagi keberhasilan Ducati di musim lalu.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas