Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Proliga 2023 Jadi Ajang Jakarta Pertamina Bantu Regenerasi Atlet Voli di Indonesia

Jakarta Pertamina menjadikan Proliga 2023 wadah pembinaan voli di Indonesia dengan memunculkan pemain muda potensial dan berbakat.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Proliga 2023 Jadi Ajang Jakarta Pertamina Bantu Regenerasi Atlet Voli di Indonesia
tribunnews.com/alfarizyAF
Konferensi pers peluncuran tim Jakarta Pertamina di Graha Pertamina jelang tampil di Proliga 2023, Selasa (3/1/2023) 

TRIBUNNEWS.COM - Jakarta Pertamina memiliki dua misi yang diemban pada kompetisi elite bola voli Indonesia Proliga 2023.

Selain membidik gelar juara tentunya, Jakarta Pertamina menjadikan Proliga 2023 sebagai wadah pembibitan pemain muda.

Tujuannya jelas, Jakarta Pertamina ingin membantu dalam pembinaan atlet muda di cabang olahraga bola voli, termasuk memberikan sumbangsih bagi Timnas Indonesia.

Baca juga: Jadwal Proliga 2023 Live Moji - Surabaya BIN Samator vs Palembang BSB, Laga Nostalgia Samsul Kohar




Sebagaimana yang diketahui, Jakarta Pertamina banyak melahirkan pevoli profesional. Di antaranya ialah Farhan Halim, Jasen Natanael dan Dony Haryono.

Dony dan Farhan Halim berperan besar bagi Timnas Indonesia saat meraih medali emas di SEA Games 2022 cabor voli indoor putra.

Kini, hal serupa ingin dilesatrikan oleh Jakarta Pertamina. Harapannya, lewat Proliga 2023, tim milik BUMN tersebut bisa mencetak bibit-bibit unggul.

"Tahun ini pemain junior didorong untuk belajar dari pemain senior. Pemain junior lebih banyak turun bermain agar dapat membangun kepercayaan diri, memperkuat skill, dan pengalaman tanding," kata Chief De Mission tim Pertamina, Werry Prayogi, dikutip dari BolaSport.

BERITA TERKAIT

"Dengan persiapan yang optimal, semoga akan muncul talenta baru penerus pemain Pertamina terdahulu seperti Doni Haryono, Jasen Natanael, dan Farhan Halim yang mampu mengharumkan nama Indonesia pada SEA Games dan kompetisi di negara lain," sambungnya.

Jakarta Pertamina menurunkan dua tim di Proliga 2023 ini, yakni Jakarta Pertamina Pertamax (putra) dan Jakarta Pertamina Fastron (putri).

Selain melakukan kaderisasi terhadap pemain voli muda, diharapkan para pemain bisa mengharumkan Indonesia melalui cabor bola voli.

Kendati banyak mengandalkan pemain muda di Proliga 2023, Jakarta Pertamina juga tak lupa mengkombinasikan dengan yang berpengalaman.

Contohnya dari sektor putri, Jakarta Pertamina Fastron diperkuat sejumlah pemain berlabel Timnas Indonesia.

"Selain itu, kami juga diperkuat pemain Timnas di tim putri seperti Agustin Wulandari, Yolla Yuliana, Megawati Hangestri, dan Dita Azizah," ucap Werry menambahkan.

Gelaran Proliga 2023 akan resmi dimulai pada 5 Januari hingga 19 Maret.

Pertandingan Proliga 2023 berlangsung di 8 kota meliputi Bandung, Purwokerto, Palembang, Gresik, Semarang, Malang, Yogyakarta, dan Solo.

Dari sektor putra, delapan tim akan bersaing untuk menjadi yang terbaik.

Mereka adalah Jakarta LavAni Allo Bank, Surabaya BIN Samator, Jakarta BNI 46, Jakarta Pertamina Pertamax, Palembang Bank SumselBabel, Kudus Sukun Badak, serta Jakarta Bhayangkara Presisi dan Jakarta STIN BIN yang hadir sebagai debutan.

Untuk putri ada enam tim yang tampil yakni Bandung bjb Tandamata, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Fastron, Jakarta Elektrik PLN, dan Jakarta BIN.

(Tribunnews.com/Giri)(BolaSport/Delia Mustikasari) 

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas