Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Daftar Juara Proliga Sepanjang Masa: Samator Tersukses, LavAni Jaga Asa Ukir Sejarah di Musim 2023

Daftar juara Proliga sepanjang masa, di mana Samator menjadi tim putra tersukses lewat tujuh gelar. Sedangkan tim putri Elektrik PLN 6 kali kampiun.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
zoom-in Daftar Juara Proliga Sepanjang Masa: Samator Tersukses, LavAni Jaga Asa Ukir Sejarah di Musim 2023
HandOut/IST
Laga Final Livoli Divisi Utama 2022, Surabaya BIN Samator berhasil menaklukan tim Berlian Bank Jateng dengan point 3-0 (25-21, 25-20, dan 25-22) pada Minggu (13/11) di GOR Ki Mageti, Magetan, Jawa Timur - Daftar lengkap juara Proliga dari masa ke masa. 

TRIBUNNEWS.COM - Daftar juara Proliga dari masa ke masa, di mana tim Samator menjadi tim paling sukses menjuarai kompetisi tertinggi voli Indonesia sektor putra.

Samator mengantongi tujuh gelar juara Proliga. Sedangkan kategori putri, Elektrik PLN menjadi tim tersukses lewat enam kali menyabet titel kampiun.

Di kompetisi Proliga 2023 ini, tim yang berpeluang mengukir sejarah ialah Jakarta LavAni Allo Bank. Sebagai informasi, tim milik Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono ini berstatus juara bertahan.

Baca juga: Klasemen Proliga 2023: Urutan 4 Besar Bisa Berubah, Tergantung LavAni vs BNI 46

Selebrasi perayaan juara Proliga 2022 sektor putri yang dimenangkan Bandung BJB Tandamata setelah mengalahkan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia dengan skor 3-1 di Bogor, Sabtu (26/3/2022).
Selebrasi perayaan juara Proliga 2022 sektor putri yang dimenangkan Bandung BJB Tandamata setelah mengalahkan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia dengan skor 3-1 di Bogor, Sabtu (26/3/2022). (Tangkapan layar laman resmi Vidio.com)

Lantas sejarah apa yang bisa diukir LavAni pada Proliga 2023?

Fahry Septian Putratama dan kawan-kawan berpeluang besar untuk menutup kompetisi voli Indonesia musim ini sebagai kampiun.

Mereka diketahui berhasil lolos ke babak final four bersama Jakarta STIN BIN, dan Bhayangkara Presisi. Sedangkan satu tiket sisa diperebutkan oleh Surabaya BIN Samator dan Jakarta BNI 46.

Andai LavAni kembali menjadi juara Proliga 2023, maka mereka menjadi tim ketiga yang mampu back to back.

BERITA REKOMENDASI

Sebelumnya, dua tim yang mampu meraih gelar juara Proliga dua kali berturut-turut atau bahkan lebih ialah Jakarta BNI 46 dan Samator saja.

Jakarta BNI 46 mampu melakukan back to back juara Proliga musim 2005 dan 2006. Saat itu Jakarta BNI masih bernama Jakarta BNI Taplus.

Sedangkan Samator mampu mengukir prestasi serupa di musim 2018 dan 2019. 

Daftar Juara Proliga Sepanjang Masa

Terhitung sejak Proliga digulirkan tahun 2002, Surabaya Samator tercatat sebagai tim paling sukses dengan catatan 13 kali menembus final. Mereka menyabet tujuh gelar juara dunia.

Tim yang pada musim ini turun dengan nama Surabaya BIN Samator itu unggul atas Jakarta BNI 46 sebagai pesaing terdekat dengan torehan lima gelar dari 10 kesempatan tampil di final.

Selain Surabaya Samator dan BNI 46, ada enam tim voli putra lainnya yang juga pernah mencicipi manisnya gelar Proliga.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas