Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

SEA Games 2023 - Timnas Indonesia Ditarget Masuk Final, Ratu Voli Asia Tenggara Emban Misi Sampingan

Perbedaan target diemban oleh Timnas voli putri Indonesia dengan Thailand pada gelaran SEA Games 2023 di Kamboja awal Mei mendatang.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in SEA Games 2023 - Timnas Indonesia Ditarget Masuk Final, Ratu Voli Asia Tenggara Emban Misi Sampingan
ISTIMEWA
Timnas voli putri Indonesia dikalahkan oleh juara bertahan Korea Selatan dengan straight game langsung 22-25, 13-25, dan 18-25. Korea Selatan merupakan peraih medali emas pada Asian Games 2014 di Incheon, Korsel kemarin. 

TRIBUNNEWS.COM - Menyongsong pagelaran SEA Games 2023 cabang olahraga (cabor) voli indoor putri, Timnas Indonesia dan Thailand memiliki target yang berbeda.

Timnas voli putri Indonesia, melalui Loudry Maspaitella, PBVSI mematok Wilda Nurfadhilah cs bisa menembus laga final pada SEA Games 2023 Kamboja.

Sedangkan Thailand, yang terkenal dengan julukan Ratu Voli Asia Tenggara, menjadikan SEA Games ke-32 sebagai persiapan menuju ke Volleyball Nations League (VNL) 2023 Juni mendatang.

Timnas voli putri Thailand memang menunjukkan dominasi yang belum terbendung dalam 13 edisi terakhir helatan SEA Games.

Baca juga: Skuad Timnas Voli Indonesia di SEA Games 2023 Terancam Tanpa Pemain Tim Juara Proliga 2023

Terhitung sejak SEA Games 1995, Thailand selalu merengkuh gelar juara alias keping medali emas di cabor voli indoor putri.

Ini yang menjadikan Timnas voli putri Thailand mendapatkan julukan Ratu Voli ASEAN.

"PBVSI menargetkan tim voli putra mampu mempertahankan medali emas dan tim voli putri masuk final. PBVSI juga menginginkan Timnas bermaterikan pemain senior junior dengan komposisi 60:40 persen," terang  Loudry Maspaitella dalam wawancara singkat yang diunggah melalui instagram Host Proliga 2023, Rama Sugianto..

BERITA REKOMENDASI

Pada gelaran SEA Games 2021, Timnas voli putri Indonesia gagal mengapai laga final. Mereka harus puas finis di urutan ketiga alias meraih keping medali perunggu.

Nantinya di SEA Games 2023, Wilda Nurfadhilah cs diharapkan mampu menyumbangkan prestasi yang lebih baik. Maksimal ialah mengulang SEA Games 1983, ketika voli putri Indonesia menjadi juara setelah mengalahkan Filipina.

Sedangkan timnas voli putri Thailand di bawah komando Danai Sriwatcharamethakul, memiliki misi khusus yang diemban. Termasuk mempertahankan gelar juara.

Usut punya usut, Danai Sriwatcharamethakul ingin melihat sejauh mana perkembangan permainan timnya yang juga dipersiapkan untuk berlaga di VNL 2023 nanti.

"Persiapan fisik sangat penting. Pada awalnya, diperlukan banyak persiapan fisik. soalnya banyak lombanya Butuh sedikit waktu Jika tubuh tidak baik, itu bisa terjadi," terang sang juru taktik, dikutip dari laman Thairath.

"Dari segi taktik dan permainan, kami akan menambahkan lebih banyak nanti. Hal lain yang kita lihat adalah perkembangan anak-anak menuju VNL. Oleh karena itu, perkembangan dari SEA Games 2023 ke VNL merupakan tangga penghubung. Kita harus melakukannya secara paralel di bagian ini," tegasnya menambahkan.

Skuad Timnas Voli Putri Thailand

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas