Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Dambakan Pole Position MotoGP Argentina 2023, Quartararo Malah Dilanda Kebingungan

Fabio Quartararo merasa bingung dengan motornya yang tak mau tampil maksimal dalam upaya rider Yamaha amankan pole position MotoGP Argentina 2023.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
zoom-in Dambakan Pole Position MotoGP Argentina 2023, Quartararo Malah Dilanda Kebingungan
JAVIER SORIANO / AFP
Pembalap Yamaha Prancis Fabio Quartararo (tengah) berlatih start saat sesi latihan bebas pertama Grand Prix MotoGP Valencia di arena pacuan kuda Ricardo Tormo di Cheste, pada 4 November 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo menghadapi masalah baru dalam misinya untuk mengamankan pole position pada Kualifikasi MotoGP Argentina 2023, Sabtu (1/4/2023) malam WIB.

Fabio Quartararo membidik hasil terbaik pada perebutan pole position MotoGP Argentina 2023 di Sirkuit Termas de Rio Hondo yang dimulai jam 20.45 WIB.

Bukan kesiapan, Fabio Quartararo justru digelayuti perasaan heran dan bingung mengapa dirinya tak menemukan feel yang bagus dengan YZR-M1.

Baca juga: Jadwal MotoGP Argentina 2023 Tayang Trans7 - Perebutan Pole Dimulai Jam 20.50 WIB, Bagnaia Demam

Fabio Quartararo menorehkan hasil buruk pada latihan bebas pertama dan kedua kemarin.

Pada FP1, rider berpaspor Prancis ini duduk di peringkat ke-16. Dia hanya naik dua strip pada sesi latihan bebas kedua MotoGP Argentina 2023.

Hal ini justru berbanding terbalik dengan apa yang diperlihatkan rekan setimnya, Franco Morbidelli. 

Morbidelli justru mampu mengakhiri sesi FP2 di urutan ke-9.

BERITA TERKAIT

Ini menjadi awalan kurang baik bagi Quartararo yang bertekad untuk menebus hasil mengecewakan saat balapan di Portugal akhir pekan lalu.

"Kami harus meningkat secara signifikan di kualifikasi, karena sangat penting untuk start dari depan, terutama dengan motor kami,” ujar rider berusia 23 tahun itu, dikutip dari Speedweek, satu hari sebelum latihan bebas dimulai.

Namun realita tak sesuai ekspektasi. Fabio Quartararo menemui masalah dengan M1.

Pembalap Yamaha Prancis Fabio Quartararo memimpin setelah lap pertama selama Moto Grand Prix de Catalunya di Circuit de Catalunya pada 5 Juni 2022 di Montmelo di pinggiran Barcelona.
Pembalap Yamaha Prancis Fabio Quartararo memimpin setelah lap pertama selama Moto Grand Prix de Catalunya di Circuit de Catalunya pada 5 Juni 2022 di Montmelo di pinggiran Barcelona. (GEN LLUIS / AFP)

Dia merasa jika kecepatan kuda besinya memburuk membaik jika dibanding seri pertama. Di sisi lain, rider berjuluk El Diablo tersebut juga merasa tak menemukan feel dengan M1.

"Biasanya kecepatannya baik, namun pada hari ini justru sangat buruk," buka Quartararo, dikutip dari Speedweek pasca-latihan bebas pertama dan kedua.

"Secara keseluruhan, kami tidak memiliki kecepatan apa pun hari ini. Itulah masalahnya. Kami tidak dapat meningkatkan kecepatan menikung dengan roda belakang. Tanpa kecepatan menikung, saya kesulitan untuk menemukan traksi pada ban ketika membuka gas lebih besar," sambung juara dunia MotoGP 2021.

Quartararo mencoba mencari apa penyebab M1 miliknya tak mau berakselerasi maksimal di GP Argentina. 

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas