Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Fokus Alim Suseno Gembleng Timnas Voli Putri Indonesia demi Prestasi Terbaik di SEA Games 2023

Alim Suseno selaku pelatih Timnas voli putri Indonesia berfokus kepada dua pola latihan agar Wilda cs bisa tampil los di SEA Games 2023.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in Fokus Alim Suseno Gembleng Timnas Voli Putri Indonesia demi Prestasi Terbaik di SEA Games 2023
Instagram @ibnuriza Verified
Skuad timnas voli putri Indonesia untuk SEA Games 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Pelatih Timnas voli putri Indonesia, Alim Suseno menekankan dua fokus utama dalam menggembleng skuadnya pada pemusatan latihan jelang SEA Games 2023 Kamboja.

Timnas voli putri Indonesia ditarget bisa meraih medali perak alias minimal menggapai partai final SEA Games 2023 yang dimulai awal Mei mendatang.

Guna memuluskan target yang diemban, Wilda Nurfadhilah Sugandi dkk kini menjalani masa pendadaran di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul sejak 1 April lalu.

Srikandi voli Indonesia untuk SEA Games kali ini mengalami perombakan skuad yang cukup signifikan. Tim asuhan Alim Suseno ini memadukan 60 persen pemain junior dan sisanya atlet voli Nasional berpengalaman.

Baca juga: Ada Peran Toiran Reidel di Balik Persiapan Dimas Saputra Cs Arungi Kejuaraan Voli AVC 2023

Untungnya, tidak ada kesenjangan dalam membangun chemistry antar pemain guna menciptakan permainan terbaik.

Disampaikan oleh Alim Suseno, timnya memandang optimis target yang dibebankan kepada mereka. Meski harus diakui bahwa persiapan Agustin Wulandhari dan kolega terbilang mepet.

"Kami dipersiapkan dengan waktu yang sangat mepet. Kami persiapkan sebaik mungkin, ini salah satu tantangan buat kami, atlet, dengan waktu yang tidak sampai sebulan bagaimana mempersiapkan tim sebaik-baiknya," tegas Alim Suseno, dikutip dari BolaSport.

BERITA TERKAIT

Disampaikan oleh pelatih yang membawa Bandung BJB Tandamata menjadi juara Proliga 2023, timnya masih memiliki persiapan satu minggu sebelum berjuang di SEA Games 2023 Kamboja.

"Kami masih punya waktu latihan seminggu sehingga dengan waktu yang singkat, kami harus mengolah tim sebaik mungkin bagaimana caranya," ucap Alim.

Pelatih Bandung BJB Tandamata, Alim Suseno, dalam konferensi pers pasca-pertandingan melawan Jakarta BIN dalam Final Four Proliga Putri 2023 di GOR Tri Dharma, Gresik, Kamis (23/2/2023).
Pelatih Bandung BJB Tandamata, Alim Suseno, dalam konferensi pers pasca-pertandingan melawan Jakarta BIN dalam Final Four Proliga Putri 2023 di GOR Tri Dharma, Gresik, Kamis (23/2/2023). (TRIBUNNEWS/ M Deni Setiawan)

Lantas latihan apa saja yang difokuskan kepada Wilda cs?. Alim Suseno menyebut timnya berfokus kepada dua hal, yakni team work dan kondisi fisik.

Dengan komposisi baru, team work menjadi latihan penting untuk menghindari miskom ketika bertanding nanti. Terlebih dengan adanya komposisi senior-junior ini tidak bisa mengesampingkan fakta rasa canggung.

Hal ini yang kemudian coba diatasi oleh Alim Suseno lewat pelatihan team work.

"Dengan waktu yang singkat, kami utamakan dua hal pertama, team work. Mereka adalah pemain profesional, sudah bermain pada Proliga."

Selain itu, srikandi voli Indonesia digeber latihan fisik. Tujuannya agar para atlet siap sedia dalam segala kondisi, termasuk harus memainkan pertandingan hingga lima set.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas