Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Asia Zone 3.3 Chess Championships 2023 Perebutan Tiket Ke Kejuaraan Dunia

Kejuaraan catur bergengsi Asia Zone 3.3 Chess Championships 2023 resmi dibuka oleh Staf Khusus Kemenpora, Dwijayanto

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Asia Zone 3.3 Chess Championships 2023 Perebutan Tiket Ke Kejuaraan Dunia
ist
Asia Zone 3.3 Chess Championships 2023 Perebutan Tiket Ke Kejuaraan Dunia 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kejuaraan catur bergengsi Asia Zone 3.3 Chess Championships 2023 resmi dibuka oleh Staf Khusus Kemenpora, Dwijayanto bersama Ketua Umum PB Percasi yang juga Presiden Zone 3.3 Asia GM Utut Adianto di Ballroom Hotel Century Senayan, Jakarta, Jumat malam (5/5/2023).

Utut Adianto mengatakan bahwa bukannya ingin menandingi SEA Games yang sudah dimulai pelaksanaannya di Kamboja.

"Tapi Federasi Catur Dunia (FIDE) telah mengagendakan menggelar event kualifikasi World Cup, Mei ini. Saya berharap ada pecatur Indonesia lolos meski harus melalui pertarungan berat. Irene Kharisma, Medina Aulia dan Susanto Megaranto, dan Novendra Priasmoro kita doakan bisa merebut tiket ke World Cup,” ungkap Utut Adianto.

Selain bergengsi, kejuaraan ini juga diakui Utut Adianto menyediakan hadiah total 15 ribu dollar AS.

"Kejuaraan memperebutkan dua tiket putra dan satu putri untuk tampil di World Cup di Azerbaijan,” katanya.

Sementara itu, Staf Khusus Kemenpora, Dwijayanto Saputra mengatakan, catur adalah cabang olahraga yang digemari masyarakat Indonesia, selain Sepakbola.

“Saya sangat terhormat bisa berada di antara pecatur terbaik dunia dan Asia yang tampil di kejuaraa ini. Pak Menpora, Dito Ariotedjo memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada Pak Utut yang tak pernah berhenti memajukan catur Indonesia. Sama seperti Pak Utut, saya berharap ada wakil Indonesia dapat lolos ke World Cup,” tutur Dwijayanto.

BERITA REKOMENDASI

Babak Kualifikasi Kejuaraan Dunia Catur Zona Asia 2023 yang bertajuk Asia Zone 3.3 Chess Championship 2023 di Hotel Century dengan memulai babak pertama pada Sabtu (6/5) dan akan belangsung sampai sembilan babak, berakhir sampai 13 Mei.

Dari daftar peserta, Mongolia dan Vietnam tampil full team. Mereka diperkuat tiga Grand Master (GM), sedangkan Filipina menyertakan dua Grand Master, sama seperti Indonesia yang juga menurunkan dua GM di bagian putra.

Di bagian putra ini, Mongolia diperkuat GM Batsuren Dambasuren dengan elo rating 2525, GM Batchuluun Tsegmed(2466), serta Bilguun Sumiya(2474). Sedangkan Vietnam diperkuat GM Tuan Minh Tran(2503), GM Tuan Minh Le(2542), Nguyen Van Huy(2342). Filipina diperkuat GM Darwin Laylo(2444) dan John Paul Gomez(2437). Sedangkan tuan rumah Indonesia, diperjuat GM Susanto Megaranto(2532), dan GM Novendra Priasmoro(2504).

Di bagian putri, Mongolia menyertakan dua pecatur bergelar Women Grand Master(WGM), Vietnam 5 WGM, Filipina 1 WGM, Singapura 1 WGM, serta Indonesia 2 WGM.

Para pecatur WGM yang akan bersaing dari Mongolia, WGM Enkhtuul Altan-Ulzii((2264) dan WGM Munguntuul Batkhuyag (2408), lima pecatur WGM Vietnam diantaranya, Thi Kim Phung Vo(2351), Nguyen Thi Mai Hung(2193), Nguyen Thi Thanh An (2252), Hoang Thi Bao Tram(2277), Le Than Tu(2103), Singapura dan Filipina diperkuat satu pecatur WGM yakni, Gong Qianyun(2247) dan Janelle Mae Frayna(2266).

Indonesia mengharapkan merebut satu tiket untuk lolos ke Kejuaraan Dunia 2023 yang akan dilangsungkan di Azerbaijan.

Para peserta yang tampil cukup kuat dan merata. Ada pecatur Mongolia, Vietnam yang kuat tradisi catur putrinya dan peraih medali emas SEA Games asal Singapura,” kata Irene Kharisma yang tahun lalu mampu merebut satu tiket World Cup bersama pecatur putra Indonesia GM Susanto.

“Tapi saya akan mencoba tampil sebaik mungkin. Mohon doa restu pecinta catur di Tanah Air agar saya bisa tampil sebagai juara,” ujar Irene Kharisma.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas