Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Data dan Fakta MotoGP Prancis 2023 - Mitos Rider Akamsi Bayangi Quartararo dan Zarco

Mitos rider lokal yang tak pernah meraih kemenangan di Le Mans bayangi Quartararo dan Zarco menjadi salah satu fakta menarik MotoGP Prancis 2023.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Data dan Fakta MotoGP Prancis 2023 - Mitos Rider Akamsi Bayangi Quartararo dan Zarco
JAVIER SORIANO / AFP
Pembalap Yamaha Prancis Fabio Quartararo (tengah) berlatih start saat sesi latihan bebas pertama Grand Prix MotoGP Valencia di arena pacuan kuda Ricardo Tormo di Cheste, pada 4 November 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Ragam fakta menarik bakal menghiasi seri kelima MotoGP 2023 di Sirkuit Le Mans akhir pekan ini, Jumat (12/5/2023) hingga Minggu (14/5/2023).

Tajuk MotoGP Prancis 2023 ini menempatkan Johann Zarco dan Fabio Quartararo akan melakoni balapan kandang.

Tak heran jika kemudian Fabio Quartararo dan Johann Zarco disebut sebagai rider anak kampung sini alias Akamsi karena sama-sama berasal dari Prancis.

Baca juga: MotoGP 2023: Lupakan Drama di Spanyol, Quartararo Alihkan Fokus Balapan di Kandang




Kendati demikian, MotoGP Prancis 2023 diprediksi akan berlangsung panas. Melihat tabel klasemen MotoGP 2023, peta perburuan gelar juara dunia mulai bisa dipetakan.

Berkaca dari perolehan poin, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) menduduki posisi pertama dalam peburuan titel kampiun.

Rider yang akrab disapa Pecco ini membukukan 87 angka, alias unggul 22 poin dari pesaing terdekatnya, Marco Bezzecchi (Mooney VR46).

Sedangkan di urutan ketiga pembalap KTM Factory Racing, Brad Binder membukukan 65 poin.

BERITA TERKAIT

Terlepas dari itu, berikut ragam data dan fakta menarik seputar MotoGP Prancis 2023 yang dirangkum dari web resmi MotoGP.

Pembalap Yamaha Prancis Fabio Quartararo berkompetisi selama Grand Prix MotoGP Spanyol di arena balap Jerez di Jerez de la Frontera pada 30 April 2023. (Photo by JORGE GUERRERO / AFP)
Pembalap Yamaha Prancis Fabio Quartararo berkompetisi selama Grand Prix MotoGP Spanyol di arena balap Jerez di Jerez de la Frontera pada 30 April 2023. (Photo by JORGE GUERRERO / AFP) (AFP/JORGE GUERRERO)

-Mitos Rider Tuan Rumah

Ada dua pembalap MotoGP 2023 sebagai wakil Prancis sebagai tuan rumah pada balapan akhir pekan nanti. Yap keduanya adalah Fabio Quartararo (Yamaha) dan Johann Zarco (Pramac Ducati).

Baik Quartararo maupun Zarco merupakan pembalap asal Prancis yang berkompetisi di MotoGP 2023. Tak heran jika keduanya bakal mendapatkan dukungan penuh dari penduduk Prancis.

Keduanya bukan pembalap sembarangan karena sama-sama menyandang gelar juara dunia. 

Johann Zarco adalah satu-satunya pembalap yang memiliki dua gelar juara dunia Moto2.  Sedangkan Fabio Quartararo adalah pembalap Prancis pertama yang meraih titel gelar juara dunia MotoGP

Namun keduanya sama-sama tidak pernah menang di Le Mans, baik itu di kelas GP125/Moto3, Moto2 dan MotoGP

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas