Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Basket SEA Games 2023: Pecah Telur, Proyek Naturalisasi Kamboja Bikin Raja Asia Tenggara Merana

Sejarah tercipta saat tim basket Kamboja mampu mengalahkan Filipina yang berstatus raja Asia Tenggara di cabor basket putra SEA Games 2023.

Penulis: Dwi Setiawan
zoom-in Basket SEA Games 2023: Pecah Telur, Proyek Naturalisasi Kamboja Bikin Raja Asia Tenggara Merana
MOHD RASFAN / AFP
Darrinray Dorsey (Kiri) dari Kamboja bertanding melawan pemain Filipina Joseph Emmanuel JR Eriobu (kanan) di SEA Games 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Sejarah tercipta saat tim basket Kamboja mampu mengalahkan Filipina yang berstatus raja Asia Tenggara di cabor basket putra SEA Games 2023.

Momen bersejarah itu terjadi saat tim basket putra tuan rumah sukses melibas Filipina dengan skor 79-68 di Morodok Techno Stadium, Kamis (11/5/2023) kemarin.

Kemenangan melawan Filipina terasa spesial bagi Kamboja apalagi hasil positif itu diraih saat berhadapan dengan raja basket kawasan Asia Tenggara.




Tak hanya itu, hasil tersebut juga membuat tim basket putra Kamboja akhirnya pecah telur kemenangan saat berjumpa Filipina.

Baca juga: Jadwal Basket SEA Games 2023 Hari Ini: Prastawa cs Lawan Vietnam, Tim Putri Jumpa Filipina

Darrinray Dorsey (Kiri) dari Kamboja bertanding melawan pemain Filipina
Darrinray Dorsey (Kiri) dari Kamboja bertanding melawan pemain Filipina Joseph Emmanuel JR Eriobu (kanan) di SEA Games 2023.

Diketahui, Kamboja belum pernah mengalahkan Filipina setiap kali bertemu di kompetisi basket SEA Games.

Dari sembilan pertemuan sebelumnya, tim basket putra Kamboja selalu dipecundangi Filipina.

Dan tepat pada pertemuan kesepuluh, tim basket putra Kamboja akhirnya bisa meraih kemenangan pertamanya melawan Filipina di depan pendukungnya sendiri.

BERITA TERKAIT

Momen tersebut terasa spesial bagi Kamboja lantaran hal itu ia lakukan dalam kapasitasnya sebagai tuan rumah SEA Games edisi kali ini.

Jika menelisik lebih jauh, barangkali salah satu hal yang membuat tim basket putra mampu mengalahkan Filipina karena kehadiran pemain naturalisasi.

Tercatat ada enam pemain naturalisasi yang memperkuat tim basket putra Kamboja di SEA Games 2023.

Banyaknya pemain naturalisiasi itulah yang akhirnya berbuah manis lantaran Kamboja sukses mengalahkan tim sekelas Filipina yang berstatus sebagai raja basket kawasan Asean.

Dorsey Darrinray yang menjadi salah satu pemain naturalisasi pun tampil ciamik.

Ia setidaknya mampu menyumbangkan 22 poin dalam kemenangan Kamboja melawan Filiina.

Kemenangan melawan Filipina otomatis membuat Kamboja mencatatkan start idaman dengan meraih kemenangan dalam dua laga pembuka.

Dua kemenangan pada laga pembuka secara tidak langsung membuat Kamboja akan lolos ke babak selanjutnya dengan status juara Grup A.

Layak dinanti sejauh mana laju yang bisa diperjuangkan tim basket Kamboja dengan pemain naturalisasinya di SEA Games 2023.

(Tribunnews.com/Dwi Setiawan)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas