Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport
IBL

Berantas Pengaturan Skor, IBL Indonesia Teken Kerja Sama dengan Genius Sports

Sistem menganalisis pergerakan pemain secara real-time yang direferensikan algoritme prediktif dan secara otomatis mendeteksi dan menandai aktivitas

Penulis: Alfarizy Ajie Fadhillah
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Berantas Pengaturan Skor, IBL Indonesia Teken Kerja Sama dengan Genius Sports
Tribunnews/Alfarizy
Chief Executive Officer (CEO), Junas Miradiarsyah, dalam konferensi pers IBL 2023 seri 6, di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Selasa (16/5/2023). 

Berantas Pengaturan Skor, IBL Indonesia Teken Kerjasama dengan Genius Sports

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alfarizy AF

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia Basketball League (IBL) resmi meneken kerja sama dengan perusahaan data dan teknologi, Genius Sports.




Langkah ini diambil oleh IBL demi memberantas pengaturan skor di kompetisi bola basket paling prestisius di Indonesia tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Chief Executive Officer (CEO), Junas Miradiarsyah, dalam konferensi pers IBL 2023 seri 6.

Genius Sports adalah mitra integritas tepercaya untuk Liga Premier Inggris, NFL, FA Jerman, PGA TOUR, dan lebih dari 150 liga dan federasi di seluruh dunia.

Baca juga: Format Liga 1 Musim Depan: Mirip IBL, Empat Tim Teratas Kembali Diadu

Nantinya, Genius Sports akan memberi IBL data forensik spesialis dari setiap pertandingan.

BERITA TERKAIT

"Kolaborasi ini merupakan upaya proaktif liga untuk terus menjaga transparansi dan daya saing kompetisi kita," ujar Junas Miradiarsyah, di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Selasa (16/5/2023).

"Pemantauan dan edukasi sangat penting untuk melindungi IBL dan kami senang bisa bekerja sama dengan Genius Sports yang merupakan mitra integritas tepercaya bagi ratusan liga olahraga di seluruh dunia," imbuhnya.

Cara kerja dari sistem yang diusung Genius Sports adalah dengan menganalisis pergerakan pemain secara real-time yang direferensikan dengan algoritme prediktif dan secara otomatis mendeteksi dan menandai aktivitas yang mencurigakan.

Tim analis integritas Genius Sports akan memeriksa semua data pemantauan pada pertandingan di IBL,serta memberikan laporan reguler dan terperinci.

Chief Executive Officer (CEO), Junas Miradiarsyah 2121
Chief Executive Officer (CEO), Junas Miradiarsyah, dalam konferensi pers IBL 2023 seri 6, di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Selasa (16/5/2023).

"Olahraga harus tetap waspada dan proaktif dalam melawan pengaturan pertandingan," kata Mohamed Feizel, Kepala Olahraga dan Penyiaran, APAC Genius Sports.

"Kami merasa terhormat menjadi Mitra Integritas Resmi IBL dan mendukung mereka dalam penyampaian program komprehensif yang menggabungkan pemantauan sepanjang waktu dengan layanan pendidikan untuk melindungi kompetisi mereka," jelasnya.

Peluncuran program integritas ini merupakan perluasan dari kemitraan data resmi jangka panjang IBL dengan Genius Sports, FIBA LiveStats.

Lebih lanjut, Junas mengatakan bahwa kerjasama ini akan berlangsung di sepanjang tahun ini. Namun, dirinya mengatakan tidak menutup kemungkinan kerjasama ini akan diperpanjang.

"Kami melakukan kerjasama ini untuk tahun ini, tapi kami sudah mulai juga membicarakan untuk ke depannya bagaimana," tutur Junas.

"Kalau ini memang secara efektif baik, setelah itu kami terbuka untuk kerjasama di tahun berikutnya," jelasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas