Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Skuad Timnas Voli Putra Indonesia Lebih Komplet, Lolos ke VNL 2024 Ukir Sejarah di ASEAN

Timnas voli putra Indonesia memiliki peluang besar untuk lolos ke VNL 2024 melihat komposisi skuad lebih komplet, ukir sejarah tim ASEAN pertama.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Skuad Timnas Voli Putra Indonesia Lebih Komplet, Lolos ke VNL 2024 Ukir Sejarah di ASEAN
Instagram @volleytrails
Para pemain Timnas voli putra Indonesia melakukan selebrasi perayaan saat pertandingan Singapura pada match ke-2 fase Grup A SEA Games 2023 di Kamboja, Kamis (4/5/2023). Timnas voli putra Indonesia kalahkan Singapura 3-0. 

TRIBUNNEWS.COM - Menyaksikan Timnas voli putra Indonesia untuk berlaga di kejuaraan dunia Volleyball Nations League (VNL) 2024 bukan hasil mustahil jika melihat dari kedalaman skuad.

Perjuangan Timnas voli putra Indonesia untuk lolos ke VNL 2023 akan dimulai pada 8 hingga 25 Juli mendatang ketika berlaga di AVC Challenge Cup 2023 di China Taipei/Taiwan.

Timnas voli putra Indonesia asuhan Jeff Jiang Jie lebih dulu melawan Sri Lanka (8/6) dan bersua Bahrain dua hari berselang.

Perjalanan Rivan Nurmulki untuk bisa mengikuti jejak Jepang, dan Iran sebagai wakil Asia yang lebih dulu eksis di VNL, terbilang terjal.

Baca juga: Tarkam Voli Indonesia Menarik Hati Sergey Rezanov, Sinyal Mentas di Proliga 2024?

Mereka wajib menjuarai AVC Challenge Cup 2023 for Men. Pemenang kejuaraan voli level Asia ini akan berlanjut di FIVB Challenger 2023 di Qatar.

Tiim yang menjuarai FIVB Challenger 2023 akan dipromosikan ke VNL 2024 menggantikan negara yang menduduki posisi terandah di tabel klasemen. Catatannya ialah negara tersebut bukan core-team (tim inti).

Potensi bagi Timnas voli putra Indonesia untuk menembus kejuaraan voli dunia VNL 2024 terbuka lebar.

BERITA REKOMENDASI

Terlebih, skuad asuhan Jeff Jiang Jie pada pagelaran AVC Challenge Cup 2023 for Men bermaterikan pevoli kelas wahid.

Sebut saja Rivan Nurmulki, Dio Zulfikri, Farhan Halim, Doni Haryono hingga Fahry Septian Putratama masuk dalam daftar 18 pemain yang dipanggil.

Kendati hingga kini Jeff Jiang Jie belum memutuskan final roster 14 pemain.

Namun mengacu kepada prestasi Jakarta Bhayangkara Presisi di kejuaraan AVC Club Championship beberapa waktu lalu, asa bagi tim voli putra Indonesia menyukseskan misi yang diberikan PBVSI jelas terbuka lebar.

Timnas voli putra Indonesia melakukan penghormatan sebelum pertandingan SEA Games 2023 melawan Filipina di Kamboja,  Rabu (4/3/2023). Timnas voli putra Indonesia dipastikan melaju ke babak semifinal.
Timnas voli putra Indonesia melakukan penghormatan sebelum pertandingan SEA Games 2023 melawan Filipina di Kamboja, Rabu (4/3/2023). Timnas voli putra Indonesia dipastikan melaju ke babak semifinal. (Instagram @volleytrails)

Peluang semakin besar mengingat ada perbedaan mencolok pada skuad Bhayangkara Presisi dan Timnas voli putra Indonesia kini.

JBP yang saat itu berlaga di Bahrain, tak diperkuat oleh Rivan Nurmulki, Dio Zulfikri, Doni Haryono hingga Fahry Septian Putratama.

Padahal daftar pemain tersebut merupakan pilar permainan Timnas voli putra Indonesia saat meraih keping medali emas di SEA Games 2023.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas