Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

LPS Monas Half Marathon 2023 Tawarkan Sensasi Berlari Lewati Tempat Bersejarah

Sekira tujuh ribu pelari akan turut serta dalam LPS Monas Half Marathon 2023, 1-2 Juli mendatang.

Penulis: Alfarizy Ajie Fadhillah
Editor: Toni Bramantoro
zoom-in LPS Monas Half Marathon 2023 Tawarkan Sensasi Berlari Lewati Tempat Bersejarah
tribunnews.com/alfarizyAF
Konferensi pers LPS Monas Half Marathon 2023 di Sarinah, Jakarta Pusat, Jumat (30/6/2023) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alfarizy AF

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekira tujuh ribu pelari akan turut serta dalam LPS Monas Half Marathon 2023, 1-2 Juli mendatang.

Tak hanya dari masyrakat Indonesia, akan 80 pelari Warga Negara Asing (WNA) pun akan turut serta beradu cepat dan ketangguhan di  LPS Monas Half Marathon 2023.

LPS Monas Half Marathon 2023 akan dimulai dengan Run The City pada Sabtu (1/7) dan disusul dengan puncak acara pada Minggu (2/7/).

Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa, berharap Monas Half Marathon bisa menjadi ajang berstandar internasional.

“Antusiasme pelari dalam menyambut LPS Monas Half Marathon sangat tinggi. Total jumlah peserta mencapai 7.000-an orang yang berasal dari berbagai komunitas lari, yang akan berlomba dalam Run The City pada 1 Juli dan LPS Monas Half Marathon pada 2 Juli," kata Purbaya Yudhi Sadewa di Sarinah, Jumat (30/6/2023).

"Event ini diharapkan dapat menjadi ajang marathon berstandar internasional yang berkesinambungan di Kota Jakarta dan juga dapat mengembangkan potensi atlet-atlet nasional," jelasnya.

BERITA REKOMENDASI

Acara ini juga didukung dengan adanya sumberdaya yang memadai, lebih dari 1000 orang akan dikerahkan untuk memastikan rute pelari akan steril dan dipastikan rute ini aman untuk dinikmati pelari.

Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Sutta Dharmasaputra mengatakan bahwa kompetisi setengah marathon ini pun menawarkan sensasi baru karena rute yang akan dilewati melewati tempat-tempat bersejarah di ibu kota.

"Dengan berpartisipasi dalam event ini, peserta dari berbagai latar belakang dapat menikmati keindahan dan keragaman Kota Jakarta," kata Sutta Dharmasaputra.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI ),Tigor Tanjung, menyebut bahwa rute yang dilewati pada LPS Monas Half Marathon 2023 telah tersertifiaksi oleh badan sertifikasi marathon internasional.

Sertifikasi ini juga mengatur keamanan pelari, LPS Monas Half Marathon menyediakan 11 titik medis di sepanjang rute sebagai salah satu standar penanganan medis untuk pelari.

“Rute LPS Monas Half Marathon telah disertifikasi oleh AIMS (Association of International Marathons and Distance Races). Sertifikasi ini memastikan bahwa rute lari telah memenuhi standar internasional, termasuk akurasi pengukuran jarak dan aturan perlombaan yang tepat," kata Tigor.

"Event ini juga menjadi wadah yang positif bagi pelari elite maupun non-elite untuk berkompetisi dan meraih prestasi terbaik mereka,” jelasnya.

Program "Break The Limit" juga menjadi daya tarik baru dengan hadiah uang tunai total Rp100 juta untuk atlet dan kesempatan mengikuti salah satu World Marathon Majors bagi non-atlet.

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta turut berperan dalam menyokong kesuksesan LPS Monas Half Marathon dengan mengatur flow lalu lintas agar nyaman bagi pelari dan pengguna jalan lainnya.

Mereka juga menjalankan manajemen lalu lintas yang ketat, termasuk penutupan jalan dan kanalisasi, serta menerapkan Cut Off Point (COP) dan Cut Off Time (COT) sesuai aturan.

Para pelari LPS Monas Half Marathon 2023  akan berlari mulai dari kawasan Monumen Nasional (Monas) dan selesai di Istora Senayan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas