Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Update Wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia BWF 2023: Ginting Mundur, Amunisi Tunggal Putra Kendur

Update wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia BWF 2023 kini berkurang satu setelah pebulu tangkis tunggal putra, Anthony Ginting memutuskan mundur.

Penulis: Isnaini Nurdianti
Editor: Drajat Sugiri
zoom-in Update Wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia BWF 2023: Ginting Mundur, Amunisi Tunggal Putra Kendur
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting mengembalikan kok ke arah pebulu tangkis tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen dalam babak final Kapal Api Group Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (18/6/2023). Update wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia BWF 2023 kini berkurang satu setelah pebulu tangkis tunggal putra, Anthony Ginting memutuskan mundur. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Update wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia BWF 2023 kini berkurang satu setelah pebulu tangkis tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting, memutuskan mundur.

Diketahui, Ginting batal berangkat ke Kejuaraan Dunia BWF 2023 lantaran masih berduka pasca-meninggalnya sang ibunda, Lucia Sriati, pada Rabu (9/8/2023) lalu.

Sejatinya, Ginting dijadwalkan akan melakoni Kejuaraan Dunia BWF 2023 yang berlangsung pada 21-27 Agustus mendatang di Kopenhagen, Denmark.

Di babak pertama Kejuaraan Dunia BWF 2023, Ginting harusnya akan bertanding melawan wakil Ukraina, Danylo Bosniuk.

Mama Anthony Sinisuka Ginting meninggal dunia, sempat nonton anaknya di final Indonesia Open 2023 saat sakit.
Mama Anthony Sinisuka Ginting meninggal dunia - Update wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia BWF 2023 kini berkurang satu setelah pebulu tangkis tunggal putra, Anthony Ginting memutuskan mundur. (Kolase Tribunnews Instagram @badminton.ina & @sinisukanthony)

Baca juga: Terungkap Fakta Sebelum Ibunda Meninggal, Ginting Diminta Pulang saat Tanding di Jepang & Australia

Dikutip dari djarumbadminton, Irwansyah selaku kepala pelatih tunggal putra pelatnas bulu tangkis Indonesia membenarkan bahwa Ginting batal mentas di Kejuaraan Dunia BWF 2023 lantaran masih dalam suasana berkabung.

"Ginting tidak bisa tampil ke Kejuaraan Dunia karena masih dalam suasana berduka atas berpulangnya mama tercinta," kata Irwansyah, Kamis (17/8/2023).

Dengan mundurnya Ginting, maka amunisi tunggal putra Indonesia di Kejuaraan Dunia BWF 2023 dipastikan kendur.

BERITA TERKAIT

Ya, kini Indonesia hanya memiliki dua wakil tunggal putra di Kejuaraan Dunia BWF 2023, yakni Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Tentu, beban berat kini berada di pundak Jojo dan Chico Aura.

Mengingat sebelumnya, Rionny Mainaky selaku Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI mengatakan jika tunggal putra dan ganda putra menjadi sektor yang diandalkan untuk meraih medali emas alias juara.

Masih dikutip dari sumber yang sama, Rionny secara realistis menyebut bahwa pihak PBSI menargetkan dua gelar juara, salah satunya melalui tunggal putra.

"Saya inginnya tiga (gelar juara). Tapi, (setidaknya) dua (gelar juara), lah," kata Rionny kepada wartawan di pelatnas PP PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (14/8) pagi.

Meski tanpa diperkuat Ginting, tunggal putra Indonesia tentu diharapkan tetap bisa membawa harum nama bangsa Indonesia.

Di babak pertama Kejuaraan Dunia BWF 2023 nanti, Jojo akan melawan tunggal putra asal Malaysia, Lee Zii Jia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas