Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Menpora Lobi PBVSI untuk Panggil Rivan Nurmulki di Asian Games 2023, Jangan Gengsi demi Prestasi

Menpora Dito Ariotedjo mengirim pesan berupa lobian kepada PBVSI untuk kembali memanggil Rivan Nurmulki guna perkuat skuad Asian Games 2023.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Menpora Lobi PBVSI untuk Panggil Rivan Nurmulki di Asian Games 2023, Jangan Gengsi demi Prestasi
dok: CdM Indonesia SG 2023
Timnas Voli Putra Keluar sebagai juara dan raih medali emas SEA Games 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo mencoba melobi PBVSI agar mau kembali memanggil Rivan Nurmulki untuk Asian Games 2023.

Saran Menpora Dito agar menyertakan Rivan Nurmulki ke dalam skuad Asian Games 2023 berdasar pertimbangan prestasi Timnas voli putra Indonesia.

Terlebih lagi, ada aspek lain yang harus dilihat dari polemik kisruh Rivan Nurmulki X PBVSI, yakni timbulnya pro dan kontra di kalangan pecinta bola voli Indonesia.

Baca juga: Solusi Rivan Nurmulki Dilarang Bela Timnas dan Klub Proliga: Ikuti Jejak Pevoli Problematik Korea

"Kalau itu (Rivan yang tidak masuk skuad Asian Games 2022) kita kemarin memastikan tolong PBVSI ukur dulu pro dan kontranya," ucap Dito Ariotedjo seperti yang dikutip dari BolaSport.

"Apakah dengan tidak menginput rivan akan berdampak ke prestasi dan potensinya (hasil di Asian Games 2022) atau tidak."

Rivan Nurmulki memang menjadi point maker utama Timnas voli Indonesia. Seabrek prestasi disumbangkan pevoli asal Jambi tersebut.

Termasuk saat sukses meraih hattrick emas di ajang SEA Games sejak 2019 hingga 2023.

BERITA REKOMENDASI

Tak heran keputusan PBVSI yang mencoret Rivan Nurmulki dari skuad Asian Games China menimbulkan banyak perdebatan.

Federasi Bola Voli Indonesia dipandang melakukan blunder dan disebut banyak kejanggalan ketika mendepak Rivan dari tim asuhan Jeff Jiang Jie.

Dito menambahkan, sifat dari pemanggilan Rivan Nurmulki merupakan saran saja untuk PBVSI.

Potret Rivan Nurmulki membawa bendera Indonesia seusai menjuarai SEA Games 2022 Vietnam - Inilah jadwal pertandingan Timnas voli putra Indonesia di Asian Games 2023 tanpa adanya sosok Rivan Nurmulki.
Potret Rivan Nurmulki membawa bendera Indonesia seusai menjuarai SEA Games 2022 Vietnam - Inilah jadwal pertandingan Timnas voli putra Indonesia di Asian Games 2023 tanpa adanya sosok Rivan Nurmulki. (Instagram resmi @rivannurmulki)

Apalagi Menpora Dito mengetahui bahwa pihaknya tidak bisa mengintervensi keputusan yang diambil PBVSI dalam gonjang-ganjing pencoretan Rivan.

"Kita hanya bisa sebatas itu, karena tidak bisa intervensi langsung. Itu semua keputusan ada di PBVSI," ucap Dito Ariotedjo menambahkan.

Konflik Rivan dan PBVSI berawal dari pemain berusia 28 tahun tersebut izin tidak tampil membela timnas voli Indonesia pada Kejuaraan Voli Asia 2023 yang digelar pada 19-27 Agustus 2023 lalu di Iran.

Kala itu, Rivan beralasan tengah mengurus pengunduran dirinya dari kepolisian serta ingin menemani sang istri melahirkan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas