Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Sekali Lagi Tanpa Rivan Nurmulki, Target PBVSI Ambyar di Asian Games 2023

Untuk kesekian kalinya target PBVSI yang diberikan ke Timnas voli putra Indonesia ambyar setelah mencoret Rivan Nurmulki dari Asian Games 2023.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Sekali Lagi Tanpa Rivan Nurmulki, Target PBVSI Ambyar di Asian Games 2023
Twitter @CGTN Sports Scene
Pertandingan pamungkas fase grup F Asian Games 2023 antara Timnas voli putra Indonesia vs Afghanistan di Deqing Sports Centre Gymnasium, Kamis (21/9/2023). Indonesia kalahkan Afghanistan dengan skor 3-0. 

TRIBUNNEWS.COM - Sekali lagi Timnas voli putra Indonesia membuktikan kebutuhan akan kehadiran Rivan Nurmulki dalam setiap pertandingan bertaraf Internasional.

Terbaru, Jumat (22/9/2023), Timnas voli putra Indonesia harus memupus mimpi lolos ke fase selanjutnya setelah takluk di babak 12 besar Asian Games 2023 dari China.

Timnas voli putra Indonesia harus mengakui keunggulan tuan rumah Asian Games 2023, China dengan kedudukan 3-1 (17-25, 17-25, 25-23, 22-25) di Linping Sports Centre Gymnasium, Hangzhou lewat pertandingan sengit.

Baca juga: Hasil Voli Asian Games 2023: Takluk dari China, Indonesia Terhenti di Babak 12 Besar

Kekalahan ini memang sudah diprediksi. Karena secara peta kekuatan dan pengalaman, Timnas voli putra Indonesia yang tak diperkuat Rivan Nurmulki, kalah jauh dari China.

Tim voli putra Negeri Tirai Bambu kenyang akan pengalaman berkompetisi di level Internasional.

Bahkan pada tahun 2023, China ambil bagian di kejuaraan voli putra dunia Volleyball Nations League (VNL), meski endingnya terdegradasi.

Namun secara permainan dan skor pertandingan menunjukkan bahwa gap permainana Indonesia dengan China tidaklah jauh. 

BERITA REKOMENDASI

Apalagi Timnas voli Indonesia asuhan Jeff Jiang Jie tidak dalam skuad 'seutuhnya'. 

Ada beberapa pemain yang tidak bermain dalam pertandingan tersebut, entah karena bermasalah soal kondisi fisik, ataupun dicoret dari skuad.

Satu yang menarik atensi jelas ketiadaan Rivan Nurmulki yang dicoret PBVSI dari skuad Asian Games 2023.

Keputusan Federasi Bola Voli Indonesia menepikan Rivan Nurmulki di pesta olahraga Benua Asia ini terbilang blunder. Padahal PBVSI memberikan target tinggi kepada Farhan Halim dan kolega.

Doni Haryono mengumpan bola saat Timnas Voli Indonesia vs Afghanistan di Asian Games 2023, Hangzhou, China
Doni Haryono mengumpan bola saat Timnas Voli Indonesia vs Afghanistan di Asian Games 2023, Hangzhou, China (Instagram @volleytrails)

Timnas voli putra Indonesia pada Asian Games ke-19 ini dibebankan tugas untuk bisa finis ke-6. Namun hasil berbicara lain.

Skuad asuhan Jeff Jiang Jie nampak kepayahan ketika Rivan Nurmulki tidak berada dalam permainan. 

Rivan memang dikenal sebagai pevoli terbaik Indonesia kini. Baik secara skill, kualitas, pengalaman, tidak ada yang perlu diragukan dari opposite asal Jambi ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas