Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Palangka Raya Bersolek Jelang UCI MTB Eliminator World Championship 2023

Ia menjamin ajang Piala Dunia Sepeda MTB ini akan lebih meriah ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

Penulis: Alfarizy Ajie Fadhillah
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Palangka Raya Bersolek Jelang UCI MTB Eliminator World Championship 2023
Tribunnews/Alfarizy
Para kontestan UCI MTB Eliminator World Championship 2023, menjajal venue pertandingan, area depan Stadion Tuah Pahoe, Jumat (10/11/2023). 

Palangka Raya Bersolek Jelang UCI MTB Eliminator World Championship 2023

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alfarizy AF

TRIBUNNEWS.COM, PALANGKA RAYA - Ajang balap sepeda bertajuk UCI MTB World Championship 2023 akan segera berlangsung di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Minggu (12/11/2023).

Hanya menghitung hari, Ketua Harian ISSI Kalteng, Rahmat Nasution Hamka, mengatakan bahwa persiapan yang dilakukan sudah mencapai 100 persen.

Ia menjamin ajang Piala Dunia Sepeda MTB ini akan lebih meriah ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

"Yang pertama ini sesuatu yang sebenarnya sudah pernah kami lakukan pada tahun 2022, yaitu saat UCI MTB World Cup, dan kami berhasil sukses melaksanakan itu sehingga diberi kepercayaan lagi untuk menggelar World Championship," kata Hamka, saat ditemui di venue pertandingan, area depan Stadion Tuah Pahoe, Jumat (10/11/2023).

"Untuk persiapan sebenarnya kita sudah ada pengalaman di tahun sebelumnya sehingga ini hanya tinggal pemantapan, dan kemudian untuk venuenya besok sudah bisa dipakai untuk latihan resmi," sambungnya.

BERITA TERKAIT

UCI MTB World Championship 2023 ini akan diikuti 80 peserta yang mendaftar dari 50 negara.

Ajang ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang merupakan seri kejuaraan balap sepeda UCI. Sedangkan pada kali ini, merupakan Kejuaraan Dunia.

"Untuk tahun lalu kan kami itu seri, masuk seri kedelapan kan, jadi tidak ada juara dunia yang lahir dari sini karena menunggu seri-seri berikutnya," ucap Hamka.

"Tapi untuk World Championship ini, hari Minggu nanti akan lahir juara dunia langsung, jadi ini sesuatu yang sangat spesial untuk Indonesia dan menurut informasi, Indonesia jadi negara Asia pertama yang mengadakan World Championship," tambahnya.

Hamka juga membeberkan bahwa akan ada atlet nasional dan lokal yang akan turut serta memeriahkan UCI MTB World Championship 2023.

Hal tersebut diharapkan bisa menjadi suntikan motivasi bagi para atlet nasional untuk bisa melaju lebih jauh lagi.

"Kalau atlet nasional sudah seperti biasa, mereka datang sudah dua hari yang lalu, mereka sudah ada di sini dan kita juga menginginkan ada atlet lokal selain nasional," tutur Hamka.

"Karena atlet lokal kami Alhamdulillah kemarin lolos PON dan itu jadi kebanggaan kami, mudah-mudahan bisa diikutsertakan sebagai peserta kehormatan, minimal mereka ada pengalaman kejuaraan dunia," jelasnya.

Lebih lanjut, UCI MTB World Championship 2023 juga akan dimeriahkan oleh panggung hiburan, sampai pameran UMKM.

"Ada Expo, ada dangdut, ada UMKM, pameran di sebelah (venue), diadakan Dewan Adat Dayak sudah kerja sama dengan kami," ucap Hamka.

"Lalu Minggu paginya ada jambore UMKM, 5000 UMKM akan kumpul, jadi sekaligus juga masyarakat bisa ada hiburan di sebelah trek, kalau di sini kami fokus kegiatan di sini, jadi hiburannya dibikin di tempat lain," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas