Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Hasil MotoGP Valencia 2023 - Sejarah Tercipta Tak Peduli Jorge Martin atau Pecco Bagnaia Juara Dunia

Hasil MotoGP Valencia 2023 hari ini, sejarah baru dipastikan tercipta tak peduli Pecco Bagnaia atau Jorge Martin juara dunia MotoGP 2023.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Hasil MotoGP Valencia 2023 - Sejarah Tercipta Tak Peduli Jorge Martin atau Pecco Bagnaia Juara Dunia
JAVIER SORIANO / AFP
Pembalap Ducati Italia Francesco Bagnaia (Kiri) dan pebalap Ducati Spanyol Jorge Martin menghadiri konferensi pers, pada 23 November 2023 di arena pacuan kuda Ricardo Tormo di Cheste, jelang Grand Prix MotoGP Valencia. 

TRIBUNNEWS.COM - Siapa juara dunia MotoGP 2023 baik itu diraih Francesco Bagnaia atau Jorge Martin, dipastikan da sejarah baru yang lahir.

Hasil MotoGP Valencia 2023 dalam tajuk perebutan juara dunia MotoGP 2023 dapat diketahui setelah balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, rampung, Minggu (26/11/2023) jam 21.00 WIB.

Jutaan pasang mata bakal tertuju kepada battle Pecco Bagnaia versus Jorge Martin untuk menjadi juara dunia MotoGP 2023. Keduanya bakal saling sikut pada seri terakhir MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo malam ini.




Secara matematis, Pecco Bagnaia lebih favorit untuk menyegel juara dunia MotoGP 2023.

Baca juga: Jadwal Balapan MotoGP Valencia 2023: Start Jam 21.00 WIB, Jaminan Jorge Martin Juara Dunia

Kekasih Domizia Castagnini tersebut membukukan 442 angka, unggul 14 poin dari Jorge Martin yang mengekor di tangga kedua.

Jorge Martin memiliki skenario lebih sulit untuk menyegel titel juara dunia MotoGP. Langkah paling aman ialah mengakhiri balapan di posisi pertama.

Itu saja belum cukup. Dia hanya bisa berharap Pecco Bagnaia finis di luar lima besar.

BERITA TERKAIT

Dengan skenario demikian, Jorge Martin akan mengemas 453 poin, unggul satu angka dari Pecco Bagnaia di tabel klasemen akhir MotoGP 2023.

Menariknya, tak peduli Pecco atau Martinator, yang meraih titel bergengsi MotoGP 2023, sejarah baru akan tercipta. Berikut rangkuman sejarah yang dapat diukir Bagnaia dan Martin jika berhasil juara dunia MotoGP 2023.

Pembalap Ducati Tim Lenovo Italia Francesco Bagnaia (kanan) merayakan mengamankan pole position dengan pembalap Spanyol Prima Pramac di posisi kedua Jorge Martin (kiri) usai sesi kualifikasi Grand Prix Malaysia MotoGP di Sirkuit Internasional Sepang di Sepang pada 11 November 2023
Pembalap Ducati Tim Lenovo Italia Francesco Bagnaia (kanan) merayakan mengamankan pole position dengan pembalap Spanyol Prima Pramac di posisi kedua Jorge Martin (kiri) usai sesi kualifikasi Grand Prix Malaysia MotoGP di Sirkuit Internasional Sepang di Sepang pada 11 November 2023 (MOHD RASFAN/AFP)

1.  Pecco Bagnaia

Ada empat sejarah sekaligus yang dapat terukir atas nama Pecco Bagnaia.

Pertama, pembalap kelahiran Turin, Italia ini menjadi rider pertama di era 4-Tak yang meraih gelar juara dunia menggunakan nomor start #1. 

Sejak MotoGP era modern, belum ada pembalap yang mampu mematahkan mitos nomor start #1.

Kedua, Pecco Bagnaia menjadi pembalap pertama Ducati yang memenangkan lebih dari satu gelar. Sebelum musim 2023, koleksi gelar juara Bagnaia untuk Ducati sama dengan Casey Stoner, yakni satu kali.

Dengan titel juara GP 2022 dan 2023, maka adik Carola Bagnaia ini sahih menjadi pembalap pertama penyumbang gelar terbanyak sementara bagi pabrikan Italia.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas